AMBON, Siwalimanews – Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa mene­rima kunjungan silaturahmi Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku, Subair bersama rombongan di ruang kerja Pang­dam, Selasa (24/1).

Dalam pertemuan itu, Pangdam banyak bertukar pengalaman se­lama berdinas termasuk ikut dalam mengawal jalannya Pemilu di wilayah tugasnya terdahulu. Tak hanya berbagi pengalaman, Pang­dam juga menyampaikan saran terkait berlangsungnya Pemilu, ter­utama pada segi pengamanan se­belum, saat dan sesudah pemilu.

Hal tersebut dinilai jenderal lulu­san akademi militer tahun 1988 itu sebagai hal yang krusial.

“Mengawal jalannya pemilu tidak hanya pada saat pemilu berlangsung saja, mulai dari kampanye atau se­belum pemilu dimulai, saat pemilu berlangsung maupun sesudahnya, un­tuk meminimalisir potensi dilaku­kan kecurangan oleh oknum,” ujar Pangdam.

Tak hanya berbicara soal peng­amanan pemilu, Pangdam menga­takan bahwa anggota TNI tidak boleh terlibat dalam politik praktis.

Baca Juga: Fatlolon Mampu Bawa Perubahan di Tanimbar

“Prajurit TNI bersikap netral, tugas kita membantu pengawasan pemilu dan pengamanannya. Apa­bila nanti Bawaslu menemukan oknum yang bermain di Pemilu silahkan dilaporkan,” tegas Pang­dam sebagaimana rilis dari Kapen­dam XVI/Pattimura yang diterima redaksi Siwalima, Rabu (25/1) .

Mendukung pernyataan Pang­dam, Ketua Bawaslu juga meng­ung­kapkan perlunya persiapan yang matang untuk menyambut pemilu, terutama netralitas. Oleh karena itu menurut Ketua Bawaslu, perlu adanya kesadaran secara kolektif, baik dari kontestan pemilu maupun penyelenggara.

Silaturahmi tersebut kemudian ditutup dengan penyerahan cende­ramata dan foto bersama. Turut hadir mendampingi Pangdam, Asintel Kasdam XVI/ Pattimura Kolonel Inf Herlambang, Aster Kasdam XVI/ Pattimura Kolonel Inf Hasandi Lubis, dan Kakumdam XVI/ Patti­mura Kolonel Chk Kadir Lumban Gaol

Sementara Ketua Bawaslu di­dampingi oleh Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Thomas Tomalattu Wacanno, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Diklat Stevin Melay, Koordinator Hukum dan Penye­lesaian Sengketa Revency Vania Rugebregh dan Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Maluku, Nurbandi Latarissa.

Kunjungan silaturahmi itu selain untuk mempererat hubungan baik yang telah terjalin antara Kodam XVI/ Pattimura dengan Bawaslu, tetapi juga sarana untuk berkoor­dinasi sebagai unsur Forkopimda jelang Pemilu yang akan dilaksa­nakan pada Februari mendatang, sehingga diharapkan dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

Adapun tugas dari Bawaslu Pro­vinsi Maluku ialah mengoordi­nasi­kan, mensupervisi, membimbing, memantau, dan mengevaluasi pe­nyelenggaraan Pemilu di wilayah provinsi, melakukan koordinasi dengan instansi pemerintah dan pemerintah daerah terkait dan meningkatkan partisipasi masya­rakat dalam pengawasan Pemilu di wilayah provinsi. (S-05)