DOBO, Siwalimanews – Memantau kesiapan pelaksana Pilkada di Kabupaten Kepulauan Aru, Penjabat Sementara Bupati Aru, Ros Soamole mengunjungi Bawaslu Aru dan Kesbangpol, Rabu (7/10).

Kunjungan ini juga sekaligus silaturahmi Penjabat Bupati dengan Bawaslu Aru, Sekretariat Desk Pilkada dan Kesbangpol.

KPU Aru juga masuk dalam agenda kunjungan, namun karena seluruh komisioner tidak di tempat, sehingga agenda tersebut ditunda hingga seluruh komisioner KPU Aru berada di tempat.

Menurutnya, kunjungan ini sekaligus instruksi Gubernur Maluku, Murad Ismail terkait dengan laporan kesiapan KPU Aru, Bawaslu Aru, maupun Kesbangpol dalam melaksana­kan tugas fungsinya dengan baik, sebagai lembaga penyelenggara, lembaga pengawasan maupun Kesbangpol sebagai bagian dari pemerintah daerah dalam melaksanakan tupoksinya,” ungkap Soamole, kepada wartawan, di kantor Bawaslu Aru Rabu (7/10).

Sementara itu, ketua Bawaslu Aru, Ambran Bugis dalam kesempatan tersebut secara singkat menyampaikan komposisi jajaran Bawaslu dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga pengawas TPS semuanya sudah siap dalam melakukan tugas pengawasan pilkada nanti.

Baca Juga: Tim AJAIB Gelar Kampanye tanpa Kehadiran Kandidat

Untuk seluruh tahapan pilkada yang telah berjalan selalu lakukan pengawasan secara intra oleh petugas dilapangan.

Selain itu, terkait dengan netralitas ASN dalam Pilkada, Bawaslu telah melakukan sosialisasi dari kecamatan hingga tingkat desa.

“Kita sudah lakukan  koordinasi dengan sekda Aru, Moh. Jumpa terkait dengan netralitas ASN dalam seluruh tahapan pilkada,” katanya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Bawaslu Aru, Fredy Sogalrey mengatakan, dalam seluruh tahapan selalu diperhadapkan dengan kendala mobilisasi baik jelang hari H maupun sesudahnya, sehingga dibutuhkan dukungan pemerintah daerah untuk menunjang kebutuhan tersebut.

Terkait hal tersebut, Soamole mengatakan, itu menjadi catatan kritis untuk disikapi.

“Hal ini akan dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan terkait dengan mobilisasi pengawasan kotak suara baik sebelum maupun sesudah,” katanya. (S-25)