MASOHI, Siwalimanews – Weynbert Wattimena resmi menjabat sebagai Raja Negeri Makariki, setelah dikukuhkan secara data di Baileo Negeri Siwalete Maatita, Selasa (30/3).

Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua yang hadir langsung dalam prosesi pengukuhan itu minta kepada Upu Latu Inta Siwalete Maatita, Weynbert Wattimena untuk membangun sinergitas dengan seluruh pemangku kepentingan di Negeri Makariki, agar upaya membangun, menata serta melayani masyarakat negeri ini dapat diwujudkan dengan baik, sesuai harapan bersama.

“Sebagai pribadi dan mewakili Pemkab Malteng, saya mengapresiasi terlaksananya pengukuhan saudaraku Weynbert Wattimena sebagai Raja Makarki, tentu ini momentum adat, ini adalah wujud dari nilai-nilai luhur untuk menjaga tradisi adat istiadat yang berlaku di negeri ini,” ucap Bupati

Menurutnya, pengekuhan raja adat adalah tradisi identitas tradisional dan hukum adat yang berlaku di seluruh negeri adat yang ada di Malteng. Tentu, hal itu menjadi satu spririt utama dalam membangun Makariki yang lebih maju dan berdaya.

Tradisi adat yang terpelihara turun temurun sampai saat ini, sesungguhnya harus dijadikan spririt untuk membangun dan melayani masyarakat, agar maju dan sejahtera. Selain itu, Wattimena dalam melaksanakan tugas kepemimpinan juga harus tetap mengutamakan kepentingan masyarakat dengan tetap mengedepankan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Baca Juga: 1500 Personel Polda Maluku Divaksin

“Hal ini penting, sebab tugas kepemimpinan yang sesungguhnya adalah sebagai pelayan masyarakat dapat terus berjalan sesuai harapan, demi mewujudkan Negeri Makariki yang lebih maju di masa mendatang,” harap Bupati. (S-36)