AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua Komisi I DPRD Maluku, Jantje Wenno meminta agar komisioner KPU Maluku yang baru agar segera melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Pemilu serentak lalu.

Pasalnya, pelaksanaan pemilu serentak yang telah selesai telah meninggalkan sejumlah persoalan, termasuk keterlibatan jajaran penyelenggara dalam memenangkan calon tertentu.

“Dalam kunjungan, Komisi I juga ada informasi banyak pihak seperti di Maluku Tenggara masalah timbul akibat dari wasit mau bertindak sebagai pemain. Wasit ini mulai dari KPU sampai jajaran dibawah termasuk aparat Ad-Hoc dan ini menjadi perhatian bersama,” tegas Wenno.

Menurutnya, lima komisioner KPU Maluku yang baru harus berani memetakan kelemahan yang terjadi pada pemilu lalu guna dilakukan perbaikan menjelang pilkada.

Kelemahan yang terjadi sepanjang pelaksanaan pemilu serentak, jelasnya tidak boleh dibiarkan terjadi pada proses pilkada sebab akan menurunkan legitimasi terhadap kepala daerah terpilih.

Baca Juga: IPSS Piru Bagikan Ratusan Paket Takjil Gratis

“Kita juga ingatkan komisioner KPU Maluku agar segera bergerak cepat menyiapkan tahapan pelaksanaan pilkada di November mendatang karena tinggal beberapa bulan lagi tahapan pendaftaran telah berjalan,” jelasnya.

Wenno menegaskan, lima komisioner KPU Maluku yang baru harus menunjukkan profesional dan integritas dalam bekerja sehingga pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur dapat berlangsung dengan aman dan lancar.(S-20)