AMBON, Siwalimanews – Desa Welora yang terletak di Kecamatan Dawelor Dawera, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) di nobatkan sebagai juara I destinasi baru terpopuler pada malam Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards ke 5 yang di pusatkan di Hotel Inaya Bay Komodo, Kawasan Marina Labuan Bajo, Kamis (20/5).

Anugerah Pesona Indonesia (API) me­rupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masya­rakat terhadap pariwisata Indonesia. API juga bertujuan untuk mendo­rong peran serta berbagai pihak baik masyarakat, pihak industri/swasta, pemerintah mempromosikan pari­wisata serta mengembangkan eko­nomi kreatif secara langsung, nyata dan masif di masing-masing daerah.

Penghargaan ini diserahkan oleh Staf Ahli Kementrian Lingkungan Hidup Prof. Winarni kepada Bupati Maluku Barat Daya (MBD) Benyamin Th. Noach, S.T.

Desa Welora di nobatkan sebagai juara I destinasi baru terpopuler dengan perolehan suara sebesar 39 persen. sedangkan juara ke II diraih oleh Pulau Semau dari Kabupaten Kupang dengan perolehan suara sebesar 28 persen dan juara ke III diraih oleh Pasir Timbul, Bone Lam­buta dari Kabupaten Buton tengah.

Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach,S.T dalam keterangannya menyebutkan bahwa penghargaan yang diterima hari ini merupakan kerja keras dari masya­rakat Desa Welora dan masyarakat MBD secara umum.

Baca Juga: Pekerja Non ASN Harus Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan

“Penghargaan ini adalah hasil kerja keras masyarakat Welora secara khusus dan masyarakat MBD secara umum. Kami hanya mengusulkan ke API 2020. Kedepan pemda akan mengalokasi anggaran untuk pembangunan di Welora,” janji Noach.

Lanjutnya Kabupaten MBD banyak memiliki potensi wisata baik laut, pantai maupun produk penunjang lainnya. Oleh karena itu melalui penghargaan ini, pemerintah daerah akan fokus mengembangkan sektor pariwisata menjadi salah satu sektor unggulan daerah.

Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk dukungan yang diberikan sehingga Welora dite­-tap­kan sebagai Juara I Destinasi Baru Terpopuler. “Kami meng­-ucapkan terima kasih atas terpi­lihnya Desa Werola kepada selu­-ruh masyarakat Indonesia, Ma­luku dan terlebih khusus masyarakat Maluku Barat Daya,” tandasnya.

Hadir pada malam penganuge­rahan ini Sekretaris Daerah MBD, Drs. A. Siamiloy,M.Si dan Kepala Dinas Pariwisata MBD, Ir.L. S. Leha serta pejabat Kepala Desa Welora, Markus Laimera. (S-39)