AMBON, Siwalimanews – Peringatan World Cleanup Day (WCD) tahun 2020, juga diperingati di Maluku. Kali ini tim WCD Regional Maluku menggelar bersih-bersih sampah di Kelurahan Batu Meja dan Negeri Laha, Sabtu (29/9).

Pada kegiatan tersebut beberapa komunitas turut ambil bagian, termasuk Green Mollucas. Menurut Co-leader WCD Ambon, Bertha Samponu, bersih-bersih yang dilaksanakan dalam satu hari secara serentak di seluruh dunia itu bertujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, suku, dan ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah.

“Kegiatan ini bertujuan untuk kesadaran masyarakat membersihkan rumah dan tempat lainnya dari sampah,” ujar Bertha.

Selain itu, hal itu juga untuk meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan sampah, serta memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan bumi.

“Kami berharap masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Baca Juga: Moeldoko Dukung Revitalisasi Benteng Victoria

Kegiatan tersebut juga diwarnai dengan sosialisasi dan edukasi tentang sampah dan bank sampah. Masyarakat juga diajarkan pilih dan pilah sampah bersama, penimbangan, penanaman pohon, hingga pelatihan pembuatan kompos sederhana.

“Mari kita jaga kebersihan lingkungan, terutama di sekitar rumah dengan lingkungan yang bersih kita bisa terhindar dari berbagai penyakit,” kata Bertha.

Aksi tersebut dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti kewajiban untuk memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan. (Cr-1)