AMBON, Siwalimanews – Dua rumah di kawasan Skip, Kelurahan Batu Meja, Kecamatan Sirimau rusak dihantam  material longsor, Senin (4/5).

Sekretaris Badan Pena­nggulangan Bencana Dae­rah (BPBD) Kota Ambon, Eva Tuhumury, me­ngatakan, material long­sor berupa batu karang me­nimpa bagian belakang rumah milik ke­luarga Ibu Ola Maelissa dan Ke­luarga Fredy Wattimena di RT 004/02 dan RT 004/01.

Tuhumury menjelaskan, kejadian longsor itu terjadi sekitar pukul 11.00 WIT, akibat hujan deras mengguyur Kota Ambon sejak Minggu (3/5) malam.

“Ini hujan dari semalam, dan posisi rumah pada tebing gunung sehingga terjadi longsor, material batu-batu karang sekitar jam 11 siang, rumah keluarga Ibu Maelissa dan Fredy Wattimena, dan bagian din­ding bela­kang milik keluarga Mae­lissa yang kena batu karang,” jelas Tuhumury kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Senin (4/5).

Ia mengungkapkan, BPBD ketika mendapatkan informasi langsung turun dan melakukan pendataan.

Baca Juga: Pelanggaran Berat, Empat Anggota Brimob Dipecat

“Kita sudah mendata melihat apa yang harus dilakukan dan nanti kita akan menghancurkan batu karang di belakang rumah Ibu Maelissa dan Wattimena, dan kita akan hancurkan batu karang itu besok dengan per­alatan jack hammer,” kata Tuhu­mury.

Selain menghancurkan batu ka­rang tersebut, kata Tuhumury, BP­BD Kota Ambon juga akan mela­lukan tanggap darurat.

“Kita masih lihat tadi, kita masih identifikasi. Kita selain besok akan hancurkan, kita juga akan pasang terpal,” ujarnya.

Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Iptu Julkisno Kaispuy melalui rilisanya kepada Siwalima juga menjelaskan, material longsor menghancurkan bagian belakang rumah keluarga Ibu Ola Maelissa dan Fredy Wattimena.

Setelah mendapatkan laporan, personil kepolisian turut mem­bantu warga untuk melakukan pembersihan yang dipimpin Bhabinkamtibmas Kelurahan Batu Meja Bripka Andre Sohlait, bersama dengan Babinsa Serda Dwiyanto, Ibu Lurah Siti Tuanaya serta Satuan Polisi Pamong Praja dan warga setempat.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, serta pem­ber­sihan lokasi longsor berjalan dengan aman, baik dan lancar,” jelasnya. (Mg-7/Mg-6)