AMBON, Siwalimanews –  Meskipun tak lagi menjabat sebagai pengurus partai maupun Ketua DPRD Maluku, namun semangat Lucky Wattimury untuk membesarkan PDIP di Maluku masih terus menggelora.

Hal itu terbukti dengan sikap Wattimury yang terus menyemangati setiap kader DPC PDIP Kota Ambon untuk tetap merebut kemenangan dalam pemilihan umum, baik legislatif, presiden maupun Walikota Ambon di tahun 2024 mendatang.

Wattimury menegaskan, pada momen 50  tahun emas, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri secara tegas mengeluarkan tujuh perintah partai, diantaranya, memerintahkan kader PDIP agar memperkokoh Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, meminta kader untuk menggenggam tangan persatuan dengan rakyat dan menjadikan partai sebagai kekuatan pemersatu bangsa.

Selanjutnya, menginstruksikan kader agar jiwa gotong royong terus digelorakan demi menghapus paham individualisme, setiap kader PDIP diminta menyalakan semangat api perjuangan dalam seluruh aspek kehidupan, meminta kader untuk mewujudkan semangat perjuangan partai menjadi satu kekuatan yang solid dengan terus bergerak ke bawah.

“Kemudian, menginstruksikan kader partai untuk menghadirkan program konkret ditengah rakyat. Hal ini dilakukan melalui gerak kebudayaan membangun jati diri bangsa, gerakan mencerdaskan kehidupan bangsa, dan gerakan meningkatkan taraf kehidupan rakyat,” ujar Wattimury saat syukuran HUT PDIP ke-50 di Sekretariat PDIP Kota Ambon, Selasa (10/1).

Baca Juga: Pemkab SBB Anggarkan TPP Bagi ASN

Yang paling terakhir yakni kata Wattimury, memerintahkan kader agar melanjutkan langkah rekruitmen, pendidikan politik, dan kaderisasi kepemimpinan secara sistemik. Bahkan, Mega turut meminta kader memperkuat 5 mantap partai, yakni mantap ideologi, organisasi, kader, program, dan sumber daya partai.

Ketujuh perintah ketua umum ini, harus diikuti dengan langkah konkrit oleh semua struktur partai, termasuk memperkuat koordinasi dan kolaborasi.

Untuk memenangkan pertarungan politik ditahun 2024 maka tidak ada pilihan lain bagi kader selain memperkokoh konsolidasi ditingkat ranting, PAC, DPC dan DPD sebab tanpa konsolidasi yang kuat maka kemenangan akan sulit didapatkan.

“HUT 50 Tahun ini harus jadi momentum konsilidasi kekuatan kalau tidak maka pasti kita akan kalah, sebab yang harus kita lakukan adalah menarik suara. Partai butuh suara untuk mendapatkan kekuatan di pemerintahan,” tegas Wattimury.

Menurutnya, bila dilihat dari waktu yang tersedia maka telah mendekati perhelatan pemilihan legislatif pada 14 Februari, artinya ranting dan PAC sudah harus bergerak turun dan melakukan koordinasi.

“DPC Kota Ambon harus kembalikan dua kursi ke DPRD Provinsi Maluku, maka waktu yang sangat singkat ini harus digunakan untuk mempersiapkan diri,” ujarnya.

Wattimury optimis, dengan konsolidasi yang matang akan menjadi kekuatan besar bagi partai untuk memenangkan pemilu ketiga kalinya secara berturut-turut.(S-20)