AMBON, Siwalimanews – Ketua Pansus Percepatan Penanganan Covid-19 DPRD Kota Ambon, Jhony Wattimena meminta, Pemkot Ambon tidak hanya menerapkan protap kesehatan di Pasar Mardika, tetapi juga pasar rakyat lainnya termasuk pasar moderen.

Kepada Siwalima, Sabtu (6/6) melalui sambungan selulernya, Wattimena me­ngatakan, jika penerapan protab kese­hatan hanya diberlakukan di Pasar Mardika dengan merujuk pada Peraturan Walikota Nomor 16 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM), maka diharapkan, agar pelaksanaan sejumlah protap kesehatan dapat dilak­sanakan pada pasar-pasar tradisional yang ada di Kota Ambon.

“Selaku pansus kami berharap, bukan saja diberlakukan di Pasar Mardika tetapi juga di pasar-pasar lain yang ada di wilayah Pemkot Ambon,” jelas Wattimena.

Pasar-pasar tersebut diantaranya, Pasar Transit Passo, Waiheru, OSM. Kata dia, pasar-pasar ini juga harusnya pemkot memperhatikan dan memberlakukan protap yang sama, sebab disitu menjadi tempat orang berbelanja dan membeli  sehingga juga harus diperketat.

Selain diperketat disejumlah pasar tradisional, pemerintah juga harus memperhatikan sejumlah pasar moderen yang ada di Kota Ambon.

“Bukan saja di pasar tradisional tetapi juga disejumlah pasar moderen yang berada di Kota Ambon, di mini market atau di mall (MCM, ACC-red) diberlakukan protap kesehatan yang standar jadi sesuai dengan aturan,” tambahnya.

Menjawab hal itu, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengungkapkan, pihaknya telah mempersiapkan tim mobile yang nantinya akan turun langsung memantau seluruh pasar dan restoran serta sejumlah fasilitas umum yang termasuk didalamnya pasar moderen.

Sedangkan tim lainnya, lanjut walikota, akan turun untuk melihat bagamana ini pasar, restoran, fasilitas-fasilitas umum.

“Itu seluruhnya sudah dikoordinasi secara baik dan kita berharap pada waktu hari Senin (hari ini-red), ketika mulai dite­rapkan tentunya pasti ada kekurangan-kekurangan disana-sini. kita akan lihat dan coba benahi, sehingga di hari kedua semakin tegas dalam pelaksanaanya, termasuk juga mekanisme yang lama dari segi kesehatan tetap berjalan seperti biasa,” tegasnya. (Mg-6)