AMBON, Siwalimanews – Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), menggelar Rakernas XV tahun 2022 yang berlangsung di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Senin (8/8).

Kegiatan yang dibuka Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Ballroom Convention Centre, Hotel Truntum Padang itu, dihadiri 95 walikota seluruh Indonesia, termasuk Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena.

Penjabat Walikota Bodewin Wattimena dalam rilisnya yang diterima Redaksi Siwalimanews mengapresiasi terselenggaranya rakernas tersebut. Pasalnya, APEKSI memiliki peran strategis dalam melaksanakan berbagai upaya percepatan pembangunan.

“Ini juga termasuk pelaksanaan desentralisasi pembangunan dan otonomi daerah, yang memerlukan konsolidasi dan sinergi yang kuat. Dimana pada konteks itu, berbagai upaya kerjasama, sinergi dan koordinasi harus terus dilakukan,” ucap walikota.

Selain itu kata walikota, pasca pandemi mengharuskan seluruh pemerintah kota untuk bangkit dengan berbagai cara, inovasi, serta sinergitas secara terus menerus dengan berbagai pihak. Untuk itu, Rakernas APEKSI XV kali ini, menjadi momentum yang sangat baik dalam penguatan koordinasi dan sinergi, demi kebangkitan ekonomi bagi seluruh anggotanya.

Baca Juga: Datangi DPRD, GMNI Minta Komisi III Pantau Proyek PUPR

Mendag Zulkifli Hasan dalam sambutannya saat membuka rakernas itu berharap dari 95 walikota yang hadir dapat membuat Indoensia go internasional

“Saya berharap betul kepada APEKSI, agar kita bisa go internasional,” pinta Mendag.

Selain itu, Mandag juga minta para Walikota menjaga stabilitas politik di daerah masing-masing, serta ketersediaan maupun harga bahan pangan.

Turut mendampingi Penjabat Walikota dalam Rakernas APEKSI di Padang, Ketua TP-PKK Kota Ambon, Ny Lisa Wattimena, Staf Ahli Walikota Bidang Pembangunan, Piet Saimima, Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan M Tupamahu, Asisten I Sekkot E Silooy, Kepala Inspektorat J Silanno, Kepala BPKAD, AB Gaspersz, Kadis Kominfo JR Adriaansz, Kadis Perindag, S Slarmanat, Kepala Bappeda E Matitaputty, Kadis DPPKB JW Patty, Kadis LHP A Hehamahua, Kadispora R Luhukay, serta Kadis DP3AMD M Lekatompessy. (S-25)