AMBON, Siwalimanews – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Maluku, Sandi Wattimena mengaku, saat ini anggaran yang telah disiapkan oleh Pemprov Maluku untuk membiayai 14 cabang olahraga yang akan berlaga di PON XX Papua sebesar Rp 16 miliar.

Jadi anggaran penyelenggaran PON itu Rp 16 miliar dan anggaran itu sudah ditampung di kita sebagai dinas teknis, sesuai dengan aturan yang baru,” jelas Wattimena kepada Siwalimanews di Kantor Gubernur, Senin (22/2).

Dijelaskan, pengelolaan anggaran untuk penyelenggaraan PON jika mengacu pada aturan lama itu harus berada di KONI Maluku, namun dengan aturan baru ini, maka pengelolaan dilakukan langsung oleh Dinas Pemuda dan Olahraga selaku dinas teknis.

”Sekarang kita di Dispora sebagai pengelola, nanti akan kita koordinasikan dengan KONI untuk teknisnya,” ucap Wattimena.

Saat ditanya, apa alasannya sehingga biaya yang disiapkan Pemprov tak sesuai dengan permintaan KONI Maluku sebesar Rp 24 miliar, Wattimena mengaku, anggaran yang diusulkan KONI ini di dalamnya termasuk bonus kepada para atlet yang meraih medali, namun karena kondisi keuangan daerah yang belum memungkinkan, maka untuk bonus bagi para atlet dipending dulu.

Baca Juga: Polsek Amahai Tetapkan Negeri Hetuheno Sebagai KTN

”Pemprov bukan tutup mata soal bonus, tapi karena kondisi keuangan yang mengharuskan kita rasionalisasi. Tapi bonus bagi [ara atlet ini tetap jadi perhatian,” tandasnya. (S-39)