BULA, Siwalimanews – Warga Dusun Kelapa Dua, Desa Bula, Kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur Bahrudin Rumonin, Kamis (2/7) menemukan sebuah bom di dalam kali yang diduga merupakan peninggalan sisa perang dunia kedua.

Kepada Siwalimanews dilokasi penemuan benda tersebut, Kamis (2/7) Rumonin menuturkan benda yang diduga bom tersebut ditemukan sekitar pukul 15.00 WIT disaat dirinya mengangkat batu.

Namun belum sempat mengangkat batu, iaa lebih dulu melihat sebuah besi dengan diameter sekitar 30 cm dengan panjang yang diperkirakan 60 cm. Melihat benda tersebut ia langsung meyakini itu adalah sebuah bom sehingga niatnya untuk mengangkat batu dari kali dihentikan.

” Kerana beta curiga itu bom, beta langsung panggil pak Kilrey untuk datang melihat ini seperti sebuah bom peninggalan perang dunia kedua, dan kemudian melaporkannya ke pihak berwajib.

Sekitar pukul 18.20 WIT, Wadanki Brimob Kompi Bula, Ipda A F Sapury bersama anggotanya meninjau langsung lokasi tersebut.

Baca Juga: IGI akan Beri Pelatihan Ditengah Pandemi Covid-19

Tiba di TKP, Wadanki Brimob Kompi Bula kemudian mengarahkan warga untuk tidak mendekati areal tersebut, karena ditakutkan benda yang dicurigai bom tersebut masih aktif.

“Saya tidak tahu bom ini aktif atau tidak, namun saya harap agar jangan ada warga yang mendekat,” pinta Wadanki.

Kepada Siwalimanews Wadanki menjelaskan, keberadaan benda yang diduga bom peninggalan perang dunia kedua ini akan dilaporkan ke Komandan Batalyon B Pelopor Masohi serta tim Detasemen Gegana di Ambon.(S-47)