NAMROLE, Siwalimanews – Puluhan warga Kota Namrole, Kabupaten Buru Selatan berebut mendapatkan minyak tanah (mitan) gratis, Rabu (17/8).

Mitan ini sendiri diperuntukan bagi 50 kepala keluarga yang sudah didata. Namun kenyataan warga yang datang melebihi kuota yang disediakan.

Ketua PSI Bursel, Sami Latbual mengaku warga yang datang tetap dilayani walaupun melebihi kuota.

“Kegiatan ini sesungguhnya dilaksanakan 10 Agustus lalu tetapi berhubung saat itu minyak tanah di Namrole lagi langkah, tidak ada, maka kegiatannya kita tunda dan dilaksanakan hari ini,” kata Latbual pada acara pembagian tersebut.

Menurutnya, pembagian ini merupakan bentuk syukur pihaknya yang sekalipun kecil, tetapi diharapkan dapat bermanfaat bagi setiap keluarga yang mendapatkannya.

Baca Juga: 979 Napi di Maluku Diusulkan Terima Remisi 17 Agustus

Ia mengaku mitan ini sendiri merupakan hasil swadaya pengurus sebelum dibagikan secara gratis kepada masyarakat dan baru pertama kali dilakukan.

“Semoga kita ada rejeki lagi, kita lakukan pada waktu-waktu yang akan datang untuk masyarakat yang lebih banyak lagi,” tuturnya.

“Ditanya mengapa memilih mitan untuk diberikan kepada masyarakat ia mengaku karena hasil pengamatan mitan akhir-akhir ini langkah, susah untuk di dapat.

Kita lakukan ini sebagai bentuk perhatian kami sehingga juga mendapat perhatian pemerintah,” ujarnya.

Sebab, menurutnya, bentuk kemerdekaan sesungguhnya bukan hanya karena tidak dijajah lagi oleh penjajah. Tetapi merde­ka, berarti rakyat juga berhak mendapatkan barang itu secara bebas, termasuk mendapatkan mitan itu dengan mudah dan dengan harga yang murah.

“Itu tugas pemerintah sesungguhnya,” paparnya.

Ia juga mendorong, kegiatan seperti ini bisa diikui oleh pihak lain sebagai langkah membantu rakyat. (S-16)