AMBON, Siwalimanews – Wakil Menteri Perdagangan  RI Jerry Sambuaga, Rabu (28/10) meninjau Pasar Mardika untuk melihat secara langsung kesiapan pemerintah Kota Ambon, menuju proses revitalisasi yang direncanakan akan mulai dilaksankan di awal tahun 2021.

Pantauan Siwalimanews di Pasar Mardika, Wamendag didampingi Walikota Ambon Richard Louhenapessy, Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler, dan Sekertaris Kota Ambin A G Lattuheru, melihat lapak-lapak milik pedagang yang telah digusur.

“Saya sudah tinjau dan semua prosesnya sudah oke. Saya hanya mau bilang, pada prinsipnya, Revitalisasi tersebut demi kebaikan bersama, ” jelas Wamendag, usai melakukan peninjauan di Pasar Mardika.

Dirinya juga minta kepada warga kota dalam hal ini para pedagang sebagai tokoh utama dalam proses revitalisasi pasar ini, agar dapat mendukung seluruh upaya pemerintah melakukan penataan pasar, agar menjadi lebih modern seperti pasar rakyat di kota-kota lain.

“Pasar Mardika, kalau kita lihat sendiri sudah tidak bisa lagi menampung atau menjalankan aktivitas karena adanya pelonjakan pedagang mampun konsumen, makanya harus didukung proses penataannya dalam hal ini revitalisasi, ” ujar Wamendag.

Baca Juga: Areal Parkir di Pasar Mardika Dijadikan Tempat Dagangan

Pada kesmepatan itu Walikota Ambon Richard Louhenapessy menambahkan, program yang diberikan oleh pemerintah pusat melalu Kemendag berupa revitalisasi pasar ini demi menata Pasar Mardika menjadi lebih baik.

“40 tahun lalu Pasar Mardika merupakan pasar paling bagus di Indonesia Timur. Namun, sekarang sudah menjadi pasar paling kumuh. Dengan adanya revitalisasi, maka kita punya kesempatan untuk mengembalikan keindahan Mardika, ” jelas walikota.

Untuk itu, proses tersebut harus didukung oleh para pedagang,s ehingga tak sepantasnya mendapatkan penolakan, sebab ini merupakan program dari pemerintah pusat melalu Kemendag RI.

“Kita sudah dapat jatah untuk revitalisasi, anggarannya itu Rp 165 miliar, proses lelangnya bakal dilakukan November ini, mungkin Desember nanti sudah masuk tahap finishing, untuk dimulai pembangunan pada awal 2021. Jadi tolong kita saling mendukung,” pinta walikota. (Mg-6)