AMBON, Siwalimanews – Wakil Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Brigjen Jan de Fretes memimpin apel pagi untuk yang terakhir kalinya. Ia sekaligus berpamitan de­ngan seluruh personil Polda Maluku dan jajaran.

Apel pagi yang digelar Pol­da Maluku tersebut dilaksa­nakan di lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Senin (9/1). Hadir dalam apel tersebut yaitu Irwasda Maluku dan seluruh pejabat utama serta ASN Polda Maluku.

“Saya menyampaikan te­rima kasih yang sebesar-besarnya. Pada kesempatan di pagi hari yang berbahagia ini saya selaku Wakapolda Maluku berkenan mengambil apel yang terakhir kalinya,” kata Wakapolda.

Berdasarkan Telegram Ka­polri pada tgl 23 Desember 2022 lalu dirinya bersama beberapa Pejabat Utama Polda Maluku dimutasikan atau ditempatkan di tempat tugas yang baru.

“Dan saya sendiri dimutasikan dan diberikan amanah oleh Kapolri sebagai Wakapolda Sulawesi Utara,” ungkapnya.

Baca Juga: Rencana Pemkot, Jukir Bakal Diupah Sesuai UMK

Selama 2 tahun 8 bulan, atau terhitung sejak 11 Mei 2022 Brigjen de Fretes menjabat di Polda Maluku yang merupakan tanah asalnya provinsi Maluku, Brigjen de Fretes mengaku banyak pengalaman yang Ia dapatkan yang dapat dijadikan bekal ditempat tugas baru.

“Tentunya selama  2 tahun 8 bulan sudah banyak pengalaman-penga­laman yang saya dapatkan di Polda Maluku ini, dan pengalaman terse­but akan saya jadikan bekal di tem­pat tugas saya yang baru,” ujarnya.

Jabatan Brigjen de Fretes sendiri akan diisi oleh Wakapolda Maluku yang baru yaitu Brigjen Pol Stephen M. Napiun. Mantan Karo Ops Polda Jawa Barat, ini telah berada di kota Ambon sejak Sabtu (7/1).

“Sebagai insan manusia tentunya tidak terlepas dari kekhilafan dan kesalahan. Tidak ada manusia yang sempurna. Oleh sebab itu mohon dimaafkan apabila ada hal-hal yang tidak berkenan di hati,” katanya.

Ia mengaku, pada dua atau tiga hari ke depan dirinya bersama keluarga mohon pamit dan akan berangkat meninggalkan bumi Raja-raja ini ke tempat tugas yang baru di Sulawesi Utara.

“Saya mendoakan semoga kita semua selalu dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Esa dan kita dapat melaksanakan tugas ke depan dengan baik, terutama bagi rekan-rekan yang ada di Polda Maluku ini, sebagaimana yang dikuman­dangkan oleh bapak Kapolda yaitu Salawaku Emarina-Maluku aman, masyarakat sejahtera,” ungkapnya.

Brigjen de Fretes meminta kepada para personel Polda Maluku agar tetap melaksanakan tupoksi dengan baik, sehingga situasi kamtibmas di Maluku terus terkendali dan kondusif.

“Saya berharap kepada seluruh PJU dan anggota agar memberikan dukungan kepada Wakapolda yang baru sesuai tugas pokok masing-masing termasuk para pejabat utama yang baru. Sekali lagi saya ucapkan dangke banyak-banyak, semoga kita semua dapat di lindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa,” harapnya.(S-10)