AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena meninjau korban kebakaran di kawasan Gudang Arang, tepatnya di lingkungan RT03/06, Kelurahan Benteng, Kecamatan Nusaniwe, Selasa (31/10).

Walikota didampingi Sekot Agus Ririmasse dan sejumlah pimpinan OPD tiba dilokasi pagi tadi dan langsung menyambangi para korban kebakaran yang menempati tenda-tenda pengungsian dan langsung berdialog dengan mereka.

Kepada wartawan disela-sela kunjungan itu, walikota kepada wartawan mengatakan, pemkot melalui OPD terkait dalam hal ini BPBD, telah mengambil langkah penanganan darurat bagi para korban.

“Tanggap darurat tetap ditetapkan 14 hari. Tapi sejak awal, melalui BPBD, telah disalurkan bantuan tanggap darurat bagi mereka. Itu sudah menjadi tanggung jawab kita,” ungkap walikota.

Selain itu kata walikota, pemkot juga menyediakan dapur umum, MCK, air bersih dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para korban kebakaran yang dilakukan oleh Puskesmas Benteng.

Baca Juga: APBD 2024 tak Kunjung Diserahkan, DPRD Kembali Surati Pemprov

Bagi korban yang memiliki kelengkapan terkait kepemilikan rumah yang turut terbakar dalam peristiwa itu, akan diberikan dana sitimulan sebesar Rp15 juta.

“Soal dana stimulan juga sementara dipersiapkan untuk diberikan bagi korban yang mengalami kerugian material, artinya yang rumahnya terbakar pada peristiwa yang terjadi hari Minggu kemarin itu,” jelas walikota.

Untuk diketahui, sesuai data BPBD rumah yang terbakar dalam musibah itu berjumlah 8 unit yang ditempati oleh 10 kepala keluarga dengan 51 jiwa didalamnya.(S-25)