AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena menegaskan, tak ada pesta kembang api pada malam Tahun Baru 2023. Pasalnya, untuk saat ini, kegiatan pesta kembang api tersebut belum dianggap terlalu penting.

“Pemkot saat ini fokus untuk melunasi hutang-hutang dan melakukan kegiatan lainnya yang mungkin lebih bermanfaat ke masyarakat,” ucap walikota dalam keterangan pers akhir tahun yang berlangsung di Balai Kota, Jumat (30/12) kemarin.

Walikota mengaku, untuk merayakan acara malam Tahun Baru, sekaligus pesta kembang api, dibutuhkan anggaran kurang lebih Rp500 juta sampai Rp1 miliar. Dari pada menghabiskan anggaran tersebut hanya dalam satu malam, alangkah baiknya anggaran ini dipergunakan untuk hal-hal lain yang lebih prioritas bagi kota ini.

“Dari pada kita satu malam habiskan Rp1 miliar, mending itu dipakai untuk hal yang lebih prioritas. Saya tidak bilang perayaan itu tidak penting, tapi untuk saat ini, itu belum terlalu penting,” ucap walikota.

Meski demikian, pada pada momen akhir tahun nanti kata walikota, pihaknya bersama seluruh Forkopimda, akan melakukan pemantauan terhadap kondisi kota ini di malam pergantian tahun nanti.

Baca Juga: Polres Tanimbar Gelar Quick Wins Bersama Pemuda

“Kita hanya lakukan pantauan terhadap kondisi kota ini. Poskonya nanti di Tribun Lapangan Mardeka,” tutur walikota.

Meski tidak ada perayaan kata walikota, namun masyarakat yang mungkin akan merayakan di lingkungannya masing-masing atau dipusat-pusat kota, dihimbau agar dapat melakukannya dengan tertib dan aman.(S-25)