AMBON, Siwalimanews –  Setelah pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan terhadap 12 pejabat eselon II yang dilakukan pada, Jumat (27/10) walikota memastikan akan ada perombakan birokrasi tahap kedua.

Pasalnya setelah dilakukan pelantikan, akan dilakukan serah terima jabatan, selanjutnya, akan dilakukan seleksi terhadap jabatan-jabatan yang hari ini masih kosong dan sementara diisi oleh pelaksana tugas.

“Intinya dalam waktu dekat akan ada lagi, soal kapan, tunggu saja,” tandas Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, kepada wartawan, di Balai Kota, Jumat (27/10).

Dikatakan, pihaknya nanti akan membentuk panitia seleksi, kemudian akan kembali melakukan koordinasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk pengisian jabatan eselon II yang masih kosong, karena banyak pejabat yang sudah pensiun, bahkan dalam beberapa waktu-waktu ke depan juga ada yang akan memasuki masa purna bakti/pensiun.

Untuk itu, dalam beberapa waktu ke depan, roling tahap kedua akan berlangsung, sekaligus untuk pejabat esalon III di lingkup Pemkot Ambon.

Baca Juga: Asma Payapo Terpilih Pimpin PWI Buru

“Mudah-mudahan bisa terlaksana dalam waktu yang tidak terlalu lama. Untuk proses ini, terima kasih kepada Baperjakat, BKD dan seluruh pihak, termasuk pimpinan DPRD Kota Ambon dan seluruh anggota atas dukungan support yang diberikan, sehingga kegiatan di hari ini bisa berjalan dengan baik kita,” ujar walikota.

Walikota berharap, apa yang dilakukan hari ini, tidak melukai siapapun, karena untuk menggumuli proses ini, butuh waktu yang panjang.

“Apa yang saya buat hari ini, lewat semua mekanisme adalah yang terbaik, jadi lakukan tugas dengan baik,” pintanya.

Sementara itu, Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmasse menegaskan, pihaknya akan segera membentuk panitia seleksi untuk melakukan job fit atau penyesuaian jabatan terhadap sejumlah Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkup Pemkot Ambon yang masih lowong atau diisi oleh pelaksana tugas.

“Sesuai arahan pak walikota tadi, kita akan segera melakukan rapat koordinasi dengan BKD dan instansi terkait untuk segera bentuk pansel, dan targetnya dalam bulan Desember 2023 mendatang, pansel sudah selesai melaksanakan tugas seleksi job fit terhadap JPTP,” jelas sekot.

Terkait komposisi pansel, apakah sama dengan pansel sebelumnya yang terdiri dari perwakilan Baperjakat, tokoh agama, profesional hingga akademisi, Ririmasse mengaku, itu bisa saja berubah.

“Belum tentu sama, kita lihat arahan dan petunjuk dari pak Penjabat Walikota nanti,” ucap sekot.(S-25)