AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena minta kepada setiap desa/negeri maupun kelurahan, untuk menyediakan perpustakaan atau pojok bacaan, demi mendukung minat baca dan belajar bagi anak-anak maupun masyarakat pada umumnya.

“Minimal dipojok-pojok kantor desa/negeri itu disediakan ruang untuk itu. Tidak perlu ke perpustakaan, sedikit ruang  bagi mereka bisa duduk, karena diera sekarang, membaca buku juga bisa tinggal download, di perpustakaan digital,” ujar walikota kepada wartawan usai membuka Bimtek Pengembangan Perpustakaan di salah satu hotel, Rabu (2/8).

Pojok bacaan ini perlu disediakaan kata walikota, sebab tidak semua anak atau warga yang memiliki akses untuk digitalisasi, oleh sebab itu hal ini perlu disediakan, baik itu manual maupun digital.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon Petrus P Pattiasina menambahkan, terkait minat baca, data detailnya belum bisa dipastikan, namun secara umum, minat baca anak-anak di kota ini meningkat.

“Saat ini, orang Bisa baca dengan cara download dan juga pada pojok-pojok baca di setiap desa/negeri, sehingga bicara peningkatan, tentunya meningkat,” ujarnya.

Baca Juga: Perda Belum Ditetapkan, Bank Maluku Terancam Turun Grade

Selain itu, menurutnya para siswa maupun mahasiswa, mendatangi perpustakaan hanya untuk mencari buku tertentu untuk mengerjakan tugas mereka, hal ini dikarenakan sebagian besar sudah memanfaatkan perkembangan era digitalisasi saat ini (S-25)