AMBON, Siwalimanews – Untuk meningkatkan ketrampilan dalam menjalankan tugas serta kemampuan potensi para Pekerja Sosial Masyarakat atau PSM I Kota Ambon, maka Pemkot Ambon memberikan pelatihan bagi PSM.

Pelatihan yang berlangsung di salah satu hotel, Rabu (2/8) dibuka oleh Asisten III Sekot Ambon Bidang Adminstrasi Umum, Rulien Purmiasa.

Purmiasa saat membuka kegiatan itu mengatakan, tujuan pembentukan PSM berdasarkan Permensos Nomor: 10 tahun 2019, adalah untuk mewujudkan penyelenggaraan kesejahteraan sosial, terlaksananya pelayanan sosial masyarakat, dan terpenuhinya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan sosial.

“Pemkot menyelenggarakan kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan SDM yang terampil, terlatih, kompeten, dan sekaligus meningkatkan kapasitas pekerja sosial dalam tugas dan fungsinya guna menyelenggarakan pelayanan dan kesejahteraan sosial di Kota Ambon,” ujar Purmiasa.

Artinya kata Purmiasa, PSM hadir untuk melaksanakan pelayanan sosial dan meningkatkan fungsi sosialnya terhadap masyarakat yang mengalami masalah, sehingga mereka mampu mengatasi, beradaptasi secara sosial dan melakukan perubahan di lingkungannya.

Baca Juga: Kejar Fakta di Kasus Anak Ketua DPRD, Tiga Saksi Tambahan akan Diperiksa

Peningkatan kapasitas ini juga dapat berimplikasi pada setiap program pemerintah yang juga dijalankan oleh PSM yang terlatih, terampil dalam menangani setiap permasalahan sosial di masyarakat.

“Semua ini dilakukan semata-mata hanya untuk membantu pemerintah dalam mengusahakan kesejahteraan sosial bagi seluruh masyarakat, terutama di Kota Ambon,”ujarnya.

Ia berharap, 50 PSM yang tersebar di seluruh desa/negeri dan kelurahan di kota Ambon ini, semakin kompeten dan berkualitas dalam menjalankan tugas serta fungsinya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut,  dihadirkan dua Narasumber, yakni Wakil Ketua Umum Ikatan PSM Nasional Siti Alipthina dan Pembantu Rektor UKIM MJ Maspaitella.(S-25)