AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena bersama jajarannya menggelar Natal bersama                dengan warga binaan di Lapas Klas IIA Ambon, Kamis (14/12).

Puluhan warga binaan antusias mengikuti perayaan natal bersama dengan sukacita. Eks Walikota Ambon Richard Louhenapessy juga hadir di perayaan tersebut.

Dirinya mengenakan baju batik berwarna dasar hitam dipadu dengan celana kain berwarna hitam.

Perayaan ibadah Natal dimulai dengan pembakaran lilin Natal oleh penjabat walikota didampingi Kepala Lapas Mukhtar bersama eks Walikota Richard Louhenapessy membakar lilin tanda dimulainya Natal bersama.

Dalam kesempatan tersebut, walikota berkeinginan agar Pemkot Ambon melakukan kerja sama dengan pihak Lapas.

Baca Juga: Kemenkumham Maluku Raih Predikat Bebas Korupsi

Menurutnya ada OPD-OPD terkait yang bisa memfasilitasi pengembangan warga binaan Lapas Klas IIA Ambon.

“Kalau Lapas sudah bekerja sama dengan pihak yang lain, maka dibuat juga dengan pemerintah kota. Ada dinas terkait yang bisa memfasilitasi warga binaan Lapas ini,” harap walikota.

Ia menjelaskan, kerja sama tersebut bertujuan memaksimalkan hasil atau produk yang dibuat oleh warga binaan, sehingga, warga binaan dapat memperoleh manfaat dari apa yang dibuat.

“Supaya hasil-hasil atau apa yang dibuat oleh teman-teman kita di Lapas ini, bisa kita bantu pasarkan. Kita bisa menghargai hasil kerja dari teman-teman (warga lapas-red) sekalian,” ungkapnya.

Terlepas dari itu, lanjutnya, dalam memaknai momentum perayaan Natal, meski dalam suasana yang berbeda, namun Ia merasa senang karena bisa bertemu sapa dengan warga binaan Lapas.

Walikota mengatakan ada tiga hal penting yang mesti disadari bersama dalam memaknai perayaan Natal. Pertama ada kesempatan untuk kita bisa berubah.

“Yang mana kita bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik ke depan,” katanya.

Perubahan itu, lanjutnya karena ada kesempatan yang selalu Tuhan berikan bagi umat-Nya. Untuk itu ia juga mengajak seluruh warga binaan untuk mengambil kesempatan untuk merubah kehidupan seperti yang diinginkan oleh Tuhan.

“Kesempatan yang Tuhan berikan bagi kita untuk berubah ini selalu ada dari Tuhan. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan kesempatan itu untuk merubah diri kita menjadi lebih baik ke depan,” ungkapnya.

Di akhir sambutan ia berharap adanya komitmen untuk memperbaiki diri lewat momentum Natal Kristus.

“Jika sudah ada kesempatan maka hal itu harus diikuti dengan komitmen dari diri kita. Komitmen untuk memperbaiki diri, karena tidak seorangpun ingin hidup dalam kesulitan atau kesengsaraan, “ urainya.

Sementara itu, Kalapas Kelas IIA Ambon Mukhtar mengatakan, inti dari perayaan Natal kali ini adalah bagaimana mengucap syukur dan berterima kasih kepada Tuhan atas pencapaian kinerja Lapas Kelas IIA Ambon di tahun 2023 yang akan berakhir.

Serta melakukan evaluasi kinerja guna melaksanakan tugas di tahun 2024 mendatang.

“Kami ucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Pejabat Walikota Ambon dalam acara perayaan Natal keluarga besar Lapas Kelas IIA Ambon,” ujarnya.

Ia berharap kedepannya dapat bekerja sama dengan Pemkot Ambon dalam rangka pembinaan dan pelayanan warga binaan yang sebagian besar warga Kota Ambon. (Mg-3)