AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Refdi Andri melakukan kunjungan silahturahmi ke Pangdam XVI Pattimura, Mayjen Agus Rohman dikediamannya di  kawasan Tapal Kuda Air Salobar,  Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Selasa (15/12).

Kunjungan silahturahmi yang dilakukan Kapolda ini, guna membahas situasi Kamtibmas di Maluku, serta keberhasilan pengamanan Pilkada yang dilakukan TNI dan Polri. Kedatangan Kapolda dan para Pejabat Utama Polda disambut oleh Pangdam yang juga didampingi sejumlah pejabat Kodam XVI/Pattimura.

Dalam pertemuan itu, Kapolda memberikan mengapresiasi bagi TNI yang selalu memback up Polda Maluku dalam mengamankan pelaksanaan pilkada di 4 kabupaten dan keberhasilan Pilkada di Maluku tak lepas dari peran serta Kodam XVI Pattimura.

“Kami juga sangat berterima kasih kepada sahabat kami TNI  yang selalu ada dan bisa meyakinkan kami dalam melaksanakan tugas, dan juga kepada bapak Pangdam yang sudah sama-sama turun ke wilayah yang melaksanakan pilkada,” ungkap Kapolda.

Baca Juga: Amankan Pilkada, Ini Arahan Kapolda ke Polres Aru

Usai Pilkada, Maluku akan melaksanakan hari raya besar yakni Natal dan Tahun Baru. Untuk itu Kapolda minta warga untuk bersama-sama menjaga kamtibmas, saling menghargai keberagaman sehingga provinsi para raja-raja ini tetap damai.

“Pengamanan Natal dan Tahun Baru masyarakat sudah sangat saling menghargai sehingga bisa damai. Operasi kepolisian dengan melibatkan rekan-rekan TNI bersama Pemda bergandengan tangan sehingga apa yang dilakukan bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, Pangdam XVI Pattimura Mayjen Agus Rohman mengatakan, sudah menjadi tugas TNI selaku mitra Polri dan Pemda dalam melaksanakan pengamanan di Maluku, terkhusunya Pilkada di 4 kabupaten yang baru selesai dilaksanakan.

“Kami sesuai dengan tugas disini adalah memperbantukan Pemda dan Polri dalam pelaksanaan PAM Pilkada yang sedang berlangsung,” ujar Pangdam.

Pangdam mengaku, sinergitas TNI dan Polri merupakan kunci terciptanya kamtibmas yang kondusif ditengah masyarakat.

“Berbagai persoalan bisa dilalui jika kebersamaan, kekompakan dan solidaritas antara TNI dan Polri harus terus ditingkatkan,” ujar Pangdam.

Pangdam berharap, rencana pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 mendatang juga bisa dilaksanakan secara baik, aman dan nyaman seperti halnya keberhasilan di Pilkada.

“Keberhasilan pengamanan pilkada harus diaplikasikan pada pengamanan Natal dan Tahun Baru,” harap Pangdam. (S-45)