AMBON, Siwalimanews – Tim Penggerak PKK Kota Ambon bekerjsama dengan Dinas Perikanan serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menggelar  Festval Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis pangan lokal dan lomba masak serba ikan untuk generasi emas tingkat kota tahun 2023, yang berlangsung di aula Gesung Xaverius, Selasa (26/9).

Pnejabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena saat membuka kegiatan itu mengatakan, lomba ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya konsumsi pangan lokal beragam dan bergizi.

Selain itu diharapkan melalui kegiatan ini akan tercipta inovasi-inovasi baru dalam mengolah pangan lokal, guna meningkatkan minat makan anak-anak, dan hal ini tentu berimbas pada penurunan angka stunting di Kota Ambon.

“Pangan lokal yang diolah secara baik dan memiliki nilai gizi yang tinggi, maka tentu akan berdampak pada pemenuhan nilai gizi, sehingga dapat mencegah stunting bagi generasi kita untuk menjadi SDM yang berkualitas di tahun 2045,” harap walikota.

Kegiatan ini kata walikota, dapat dilakukan sampai ke tingkat kelurahan/RT dan RW, guna meningkatkan kemampuan waega yang notabennya ibu-ibu rumah tangga guna menciptakan menu baru dari pangan lokal, untuk meningkatkan selera makan anak, demi pemenuhan gizi.

Baca Juga: Pemprov Maluku Diingatkan Konsisten Bahas APBD Perubahan

“Untuk itu, harapan saya, ini tidak sekedar lomba, tetapi bagaimana ini menjadi kreasi ibu-ibu bagi menu makan keluarga,” tutur walikota.(S-25)