AMBON, Siwalimanews – Tepat di perayaan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Penjabat Walikota Ambon, Bodewin M Wattimena berharap agar Kota Ambon bersih dari sampah.

Hal itu disampaikan Wattimena saat membuka perayaan HPSN, di Cafe Teluk Ambon, Kecamatan Baguala,  Selasa (21/2).

Menurutnya, itu merupakan salah satu dari 11 kebijakan prioritasnya.

“Perwujudan Ambon Bersih dan untuk mewujudkan itu, tentu dibutuhkan sinergitas dari semua pihak, termasuk masyarakat. Karena terkait dengan kesadaran akan membuang sampah, dan bagaimana memperhatikan dan merawat lingkungannya,”ujarnya.

Wattimena mengakui, pihaknya terus berupaya untuk menyele­saikan persoalan sampah, dengan cara mengkerahkan masyarakat pada lingkungannya, yaitu dengan mulai dari tingkat RT/RW.

Baca Juga: Polisi: Informasi Pemuda Tulehu Dianiaya di Suli Hoaks

Hal ini demi membangkitkan rasa tanggung jawab dan kesadaran masyarakat, soal membuang sampah tepat waktu dan pada tempatnya.

“Yang sementara kita lakukan adalah menyerahkan tanggung jawab ini ke Kecamatan dan kemudian akan didistribusikan ke Kelurahan/Desa/Negeri untuk melakukan pengelolaan sampah secara langsung. Jadi tidak lagi kita yang lakukan itu,”katanya.

Maka bertepatan dengan peringatan HPSN ini, seluruh masyarakat yang berada di kota ini, dapat membantu Pemerintah untuk mewujudkan apa yang menjadi keinginan bersama itu, dengan keberadaan, kekuatan, kedudukan, fungsi, tugas

sebagai Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP), dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), sebagai apapun itu, agar dapat berkolaborasi untuk mewujudkan ini.

Diketahui, perayaan HPSN Ta­-hun 2023, dirangkai dengan se­-jum­lah kegiatan, seperti sosiali­sasi, bakti sosial, dan penanaman mangrov di Teluk Ambon, yang dilakukan oleh Pemkot bersama dengan Ikatan Masyarakat Nelayan Maluku (IKMANEMA). (S-25)