AMBON, Siwalimanews – Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno, Senin (31/4) sore, melantik 36 orang pejabat eselon 3 dan 4 di lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, di Lantai 7 Kantor Gubernur.

Pejabat yang dilantik berasal dari dinas, badan, biro, serta kantor yang terdiri dari 7 orang pejabat administrator, 16 pengawas dan 13 pejabat fungsional.

Dalam sambutannya, Gubernur Maluku Murad Ismail mengatakan, pelantikan kali ini tidak hanya diletakan dalam konteks sebagai bagian dari birokrasi, tetapi sebagai upaya mendorong kinerja pemerintah daerah.

“Karena struktur birokrasi harus didudukan secara ideal dan diisi oleh orang-orang yang tepat, serta memiliki kapasitas dan profesional,” ujar Orno saat membaca sambutan gubernur.

Dikatakan saat ini pemerintah dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang membutuhkan perhatian secara serius, termasuk tingginya angka kemiskinan dan pengangguran, maupun belum tumbuhnya perekonomian secara signifikan karena faktor pandemi.

Baca Juga: Pengerjaan Jembatan Bobot Masiwang Masih Perencanaan

“Untuk itu tidak ada pilihan, selain kita harus berjuang dan bekerja keras, guna memperbaiki kondisi tersebut,” harapnya.

Saat ini Pemprov Maluku terus bergerak secara total dan fokus untuk melakukan lompatan pembangunan. “Beberapa kali saya tegaskan bahwa saya telah mengambil langkah cepat, dan berlari kencang, oleh sebab itu saya minta jajaran birokrasi harus mengambil langkah percepatan yang telah dan akan saya lakukan,” jelasnya.

Kembali dirinya mengingatkan bahwa jabatan adalah kepercayaan sekaligus amanah. Karena itu setiap jabatan harus dapat dipertanggungjawabkan kepada pemerintah, negara dan masyarakat.

“Yang terpenting adalah mempertanggungjawabkan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,” tandasnya.

Pada kegiatan ini, Pemprov tidak mewajibkan seluruh pejabat yang dilantik untuk mengenakan pakaian sipil lengkap seperti biasanya, namun cukup mengenakan pakaian dinas harian saja. (S-39)