PERINGATI Hari Pers Nasional (HPN) ke-77, Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Maluku Barat Daya gelar kegiatan berbagi kasih dan dihadiri Wakil Bupati Maluku Barat Daya, Agustinus L. Kilikily, yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati, Sabtu (11/2).

Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi bagi insan pers di Maluku Barat Daya yang dalam perayaan Hari Pers Nasional di tahun 2023, melaksanakan kegiatan berbagi kasih bagi sesama yang membutuhkan.

“Kita patut bersyukur kepada Tuhan karena boleh ada bersama merayakan Hari Pers Nasional yang dilakukan oleh insan pers MBD, yang memaknai ungkapan syukur ini dengan berbagi kasih bagi sesama,” ujar Wakil Bupati.

Wakil Bupati menambahkan, insan pers MBD, sebelumnya telah mela­kukan koordinasi dengan Pemerin­tah Daerah untuk melaksanakan giat di hari ini. Kepedulian insan pers ini melihat hal yg cukup mempengaruhi global, yakni persoalan ekonomi.

Peringatan ini diharapkan jadi momentum untuk meningkatkan peran insan pers dalam mengge­rakkan perekonomian masyarakat dan bangsa, serta menjadi garda terdepan dalam mengedukasi ma­syarakat melalui karya jurnalistik yang berkualitas. Terlebih di era tranformasi media seperti saat ini.

Baca Juga: Bupati Terima dan Serahkan Korban Hilang

“Pemerintah Daerah berharap insan pers dapat berperan dalam membangun optimisme dan mem­bangkitkan semangat masyarakat untuk terus berpartisipasi dalam pembangunan dan menggerakkan perekonomian,” harap Wakil Bupati.

Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya juga mengu­capkan selamat Hari Pers Nasional khususnya kepada seluruh wart­awan yang bertugas di Kabupaten Maluku Barat Daya, sekaligus mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-77 kepada keluarga besar PWI.

“Semoga PWI semakin maju sebagai organisasi profesional dan bermartabat di era transformasi media,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator PWI Kabupaten Maluku Barat Daya, Ever Makupiola memberi apresiasi kepada Peme­rintah Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya atas kerja sama yang telah dibangun dengan baik, sehingga kegiatan berbagi kasih insan pers MBD dapat berlangsung dengan lancar.

Dirinya berharap peringatan Hari Pers Nasional oleh Persatuan Wartawan Indonesia Maluku Barat Daya di hari ini, dapat dimaknai sebagai kesempatan baik untuk mengevaluasi serta meningkatkan tugas dan karya jurnalis yang semakin berkualitas, serta mampu menyajikan informasi-informasi yang benar dan mengedukasi masyarakat dengan baik.

“Masyarakat tentunya membutuh­kan informasi berita yang berkualitas dan bertanggung jawab, tidak hanya untuk mengidentifikasi informasi yang benar atau salah, tetapi juga sebagai sarana edukasi yang baik,” tegas Makupiola.

Peringatan ini dihadiri oleh Dandim 1511 Pulau Moa, Letkol. Inf. Galih Perkasa, Waka Polres MBD, Djesy Batara, Wakil Ketua DPRD, William B.O. Kahyoru, Kasie Intelijen  Kejaksaan  Negeri MBD, Henry E. Tewernussa, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten MBD, O H Y. Kuara,  Pimpinan OPD dan penerima santunan kasih. (S-08)