MASOHI, Siwalimanews – Wakil Bupati Maluku Tengah Marlatu L Leleury secara resmi membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 Kodim 1502 Masohi.

Pembukaan program TNI untuk mewujudkan kemanunggalannya dengan rakyat dan untuk mendukung program pembangunan dilingkungan Kodim 1502 Masohi, di Kabupaten Maluku Tengah itu berlangsung di Makodim 1502 Masohi, Rabu (15/9).

“Atas nama Pemda Malteng, saya mengapresiasi dan menyambut baik terlaksananya kegiatan ini. Semoga melalui kegiatan TMMD ini kita dapat bersama-sama bergotong-royong membangun desa, membangun negeri tercinta, membangun kebersamaan, sebagai satu bangsa dan satu tanah air Indonesia,” ucap Wabup.

TMMD menurut Wabup, adalah salah satu program pemberdayaan masyarakat yang bersinergi dengan program pemerintah pusat maupun daerah, yang bertujuan untuk mempercepat pembangunan di daerah, terutama infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat pedesaan.

Bahkan, TMMD secara tidak langsung, telah membangun keharmonisan antara TNI dan masyarakat.

Baca Juga: Lantamal IX Gelar Apel Khusus Pengibaran Bendara

“Keharmonisan, kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan rakyat telah menjadi salah satu pilar tetap tegaknya NKRI. Nilai-nilai ini merupakan kekuatan besar untuk mengatasi berbagai permasalahan bangsa, terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19. Olehnya itu, program TMMD harus kita sukseskan bersama sebagai bukti komitmen TNI dan pemda dalam menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat,” tandas Wabup.

Wabup berharap, TMMD dapat dijadikan wahana sosialisasi dalam menghadapi pandemi Covid-19 tentang penerapan protokol kesehatan, serta program vaksinasi massal, agar masyarakat tetap produktif untuk membangun ekonomi ketahanan rumah tangga.

Ditempat yang sama Dandim 1502 Masohi Letkol Infanteri SN Wirakma Wira  menjelaskan, TMMD 112 Kodim 1502 tahun ini dipusatkan di Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, dengan sasaran Desa Sariputih serta beberapa dusun di wilayah tersebut.

“Locus kegiatan TMMD 112 Kodim 1502 tahun ini kita fokuskan di Desa Sariputih Kecamatan Seram Utara Timur Kobi. Secara umum ada beberapa kegiatan yang dilakukan bersinergi dengan program pemda, salah satunya pembangunan jalan usaha tani sepanjang 2 km. rehab rumah layak huni serta lain sebagainya,” ungkap Dandim.

TMMD 122 Kodim 1502 Masohi akan digelar selama satu bulan sampai dengan 14 Oktober mendatang. Pembangunan wilayah desa, merupakan salah satu realisasi dari kebijakan nasional (Nawacita) yang ingin membangun Indonesia dari pinggiran.

“Salah satu titik fokus dari pembangunan Nasional ini berupaya untuk mewujudlan kestabilan dan kemajuan Indonesia secara keseluruhan. Melalui pembangunan inilah, potensi yang ada di pedesaan harus dikembangkan dan kekurangan yang ada harus diatasi,” tandasnya.

TNI AD kata Dandim, berkomitmen untuk turut mengambil bagian dalam upaya peningkatan kesejahteraan rakyat dan mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Salah satu peran nyata TNI AD dalam mendukung program itu adalah, dengan turut serta dalam TMMD 112 tahun 2021, sebab selain mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,TMMD juga merupakan wahana menggelorakan kembali semangat gotong royong, rasa cinta tanah air wawasan kebangsaan serta ketahanan nasional guna menjaga keutuhan NKRI kepada masyarakat, khususnya generasi milenial,” cetus Dandim. (S-36)