AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon bagal mengelar vaksinasi massal untuk masyarakat dengan sistem door to dor dari rumah ke rumah.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy vaksinasi door to door di desa dan kelurahan.

“Kita akan akan mengherankan tim Satgas Pemkot yakni, lurah, kades, raja, dinkes, Satpol PP bersama TNI-Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat akan turun ke rumah-rumah,” kata walikota.

Menurutnya mereka akan sosialisasi tentang pentingnya vaksinasi dosis kedua dan langsung vaksin ditempat bagi warga yang belum vaksin.

Lanjutnya, dalam operasi ini warga tak dilaksankan untuk melakukan vaksinasi. Namun, akan ada identitas bagi setiap warga kota yang melakukan vaksinasi.

Baca Juga: Kasus Menurun, Ambon Menuju Level I

“Operasi ini sifatnya tidak memaksa. Kalau ada orang yang tidak mau, harus ada alasan. Misalnya ada penyakit bawaan atau comorbid dan alasan kuat lain. Itu semua kita catat semua supaya kita punya data lengkap berapa orang yang tidak mau vaksin,” sebutnya.

Lewat operasi itu, diharapkan, hingga Desember dengan target 100 persen vaksinasi untuk warga Kota Ambon bisa tercapai.

Untuk diketahui, sebanyak 81,86 persen warga kota sudah vaksin. Guna mencapai 100 persen, pemkot harus memenuhi 19 persen sisanya untuk mem-bawa Ambon ke level I. (S-52)