AMBON, Siwalimanews – Bank Indonesia bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut mendistribusikan uang senilai Rp6 miliar melalui kas keliling ke sejumlah kepulauan terluar, terdepan dan tertinggal (3T) di Maluku. Kas keliling ini menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia  Albakora-867 sebagai bagian dari Ekspedisi Kepulauan Maluku.

Pelepasan tersebut dilakukan langsung Kepala KPW BI Provinsi Maluku Noviarsano Manullang, Eva Aderia Simanjuntak Direktur Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Angkatan Laut. Danlantamal IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, diwakili Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Laut (P) Irwan Sondang Parluhutan Siagian, PIJU Lantamal IX, Komandan KRI Albakora-867.

“Tim ini akan mengunjungi sejumlah pulau, Bula, Tual dan Langgur, Larat , Tiakur dan Kisar,” Kata Noviarsano dalam sambutannya Minggu (14/11).

Khususnya di Maluku karakteristik untuk kegiatan ekonomi masih menggunakan uang tunai walaupun salah satu sisi BI juga mendorong pemba­yaran uang tunai ke arah pemba­yaran digital. “Dalam konteks ini kami merasa bersyukur kegiatan 3T bisa berjalan kembali dengn baik, “pintanya.

Ia berharap, seluruh uang -uang yang ada pada wilayah 3 T yang sudah tidak baik lagi digunakan bisa diserap sehingga masyarakat yang berada disana bisa menerima alat pembayaran tunai dalam kondisi yang layak edar.  (S-51)

Baca Juga: Polisi Masih Selidiki Penyebab Kebakaran di Soabali