AMBON, Siwalimanews – Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 di Provinsi Maluku dirayakan secara sederhana, yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Ambon, Senin (17/8).

Pantauan Siwalimanews pada upacara yang dimulai pukul 10.00 WIT itu, diawali dengan peserta upacara memasuki lapangan yang di pimpin oleh Komandan Upacara Letkol Inf David Sutrisno Sirait yang dilanjutkan dengan persiapan pengibaran benderah Merah Putih.

kemudian pasukan pengibar bendera memasuki lapangan upacara. Tiga anggota paskibra masing-masing Patrus Dekok, Sitinur Marasabessy dan Evan Jelo siahaya. Gubernur Maluku Mulai Ismail bentindak sebagai inspektur upacara memimpin jalannya proses pengibaran bendera Merah Puti di iringi lagi lagu Indonesia Raya.

Setelah sang Merah Putih berkibar, dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi yang dibacakan oleh Ketua DPRD Maluku Lucky Watimurry dan doa oleh Kakanwil Kementerian Agama Djamaludin Bugis.

Disela-sela upacara itupun Gubernur Maluku menyerahkan remisi  17 Agustus yang diserahkan secara simbolis oleh para perwakilan keluarga narapidana. Dalam upacara tersebut juga tidak seperti biasanya yang mana hadir begitu banyak peserta, sebab jumlah peserta dibatasi termasuk para tamu dan undangan.

Baca Juga: BMKG: Dua Daerah di Maluku Terancam Kekeringan

Hal ini dikerankan, upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indoensia ke-75 tahun ini, dirayakan ditengah-tengah pandemi Covid-19, sehingga pelaskanaan upacara juga diwajibkan mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Masyarakat hanya menyaksikan upacara dari kejauhan seperti di Pattimura Park dan depan Balai Kota Ambon.

Hadir pada peringatan HUT ke-75 selain gubernur beserta istri, Wakil Gubernur Barnabas Orno beserta istri, Kapolda Maluku Djafar Baharudin, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman, Kajati  Maluku Rorogo Sega, Kepala Pengadilan Tinggi Ambon Zainuddin, Danlantamal IX Ambon Laksamana Pertama Eko Jokowiyono, Danlanud Pattimura, Kolonel Pnb Sapuan, Kepala Bakamla Zona Maritim Timur Laksma Arief Sumartono, Komandan Guspurla Koarmada III Laksamana Pertama R Aviantara, Kabasarnas Ambon Djunaidi dan Sekda Maluku Kasrul selang serta pejabat tinggi lainnya. (S-39)