AMBON, Siwalimanews – Rektor Universitas Pattimura Fredy Leiwakabessy menerima secara simbolis sarana dan prasarana untuk tempat pengelolaan sampah 3R atau (Reuse, Reduce, Recycle) dan juga barang kegiatan sanitasi berbasis masyarakat (Sanimas) dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku Kementerian PUPR, yang berlangsung di ruang rektor lantai III Gedung Rektorat Unpatti, Rabu (20/3) pekan kemarin.

Rektor Unpatti Fredy Leiwakabessy saat menerima peralatan itu mengatakan, penerimaan alat-alat ini berkaitan dengan  penyelenggaraan tempat pengolahan sampah 3R. Ini merupakan pola pendekatan pengelolaan persampahan pada skala komunal atau kawasan, dengan melibatkan peran aktif pemerintah dan masyarakat, melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat.

Sementara Sanimas merupakan program peningkatan kualitas lingkungan dibidang sanitasi, khususnya pengelolaan air limbah yang diperuntukkan bagi kawasan padat kumuh, perumahan miskin dengan menerapkan pendekatan pemberdayaan masyarakat.

“Saat ini, permasalahan sampah sering terjadi di lingkungan masyarakat, karena itu, Unpatti dipilih sebagai salah satu tempat untuk pengelolaan sampah. Selain itu juga sanitasi atau sanimas perlu dijaga dengan baik melalui pengelolaan sampah dan Unpatti sudah membentuk tim yang akan mengelola tempat dan alatnya, tetapi juga untuk mengelola permasalahan sampah berbasis sanimas ini,” jelas rektor.

Menurutnya, kampus/perguruan tinggi merupakan sebuah lembaga pendidikan yang didalamnya terdapat para pengajar dan pegawai. Namun didalamnya juga terdapat aktivitas masyarakat umum, sehingga ini tentu membuat berbagi macam sampah berada dimana-mana, karena itu, melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku Kementerian PUPR, diharapkan agar semua peralatan yang ada di wilayah Unpatti dapat dikelola dengan baik, sehingga mampu mengurangi permasalahan sampah di kampus.

Baca Juga: IPSS Piru Bagikan Ratusan Paket Takjil Gratis

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku Reza Rizka Pratama berharap agar, infrastruktur yang dibangun saat ini dapat bermanfaat dan berfungsi bagi kawasan kampus Unpatti, serta dapat dikelola dengan baik, sehingga mengurangi masalah persampahan di kawasan kampus Unpatti

“Untuk Sanimas yang dipusatkan pada kompleks asrama putera dan puteri Unpatti ini, bertujuan  agar mengelolah air limbah, sehingga terjadi peningkatan kualitas lingkungan yang lebih baik,” ujarnya Reza.

Untuk diketahui penerimaan sarana dan prasarana itu, juga dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Nur Aida Kubangun, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistim Informasi Ruslan HS Tawari, Kepala Satker BPPW Maluku Riduan Kristian P Manik dan PPK Sanitasi Maluku Marthinus Latumahina.(S-25)