AMBON, Siwalimanews – Memasuki hari ke-3 Kamis (4/8), penertiban kawasan terminal hingga Pasar Mardika, berlangsung lancar. Bahkan pasca penertiban, arus lalulintas di dalam terminal maupun jalur ke luar terminal berjalan lancar.

Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Ambon Fahmi Salattalohy kepada Siwalimanews menuturkan, kondisi terminal dan pasar saat ini sudah terlihat lebih baik, mulai dari kendaraan, pedagang, maupun aktivitas warga Kota di dalam kawasan tersebut, kini lancar kembali.

“Hari ketiga ini kelihatannya sudah bagus. Tidak ada hambatan, terutama dari sisi kemacetan, semuanya aman dan lancar,” ungkap Fahmi kepada wartawan disela-sela proses penertiban hari ketiga.

Meski demikian kata Fahmi, kondisi ini belum dapat dijamin sepenuhnya akan bertahan, untuk itu tim terpadu akan memakai sistim pengawasan, dan ini akan dimaksimalkan.

“Jadi nanti tetap ada pengawasan yang lebih efektif dari petugas, sehingga penertiban ini benar-benar maksimal,” ucap Fahmi.

Baca Juga: Komisi II tak Setuju Penertiban Pasar dan Terminal

Penertiban akan berlangsung selama 4 hari, dan Jumat besok, adalah hari terakhir proses penertiban kawasan terminal.

Dari para pedagang, sebagai upaya untuk mengurai kemacetan dalam terminal yang selama ini dikeluhkan warga kota, terutama para sopir angkutan kota.

Selanjutnya, proses pengawasan 14 hari akan mulai diterapkan agar para pedagang tidak kembali berjualan di lokasi-lokasi yang telah dibersihkan. (S-25)