AMBON, Siwalimanews – Universitas Patti­mura harus terus berbenah diri sebagai upa­ya meningkat­kan mutu pen­didikan dan sumber daya manusia (SDM) anak Maluku. Harapan itu di­sampaikan Gubernur Maluku, Murad Ismail dalam sambu­tannya yang dibacakan Asisten I Setda Maluku, Saleh Thio pada acara Rapat Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Patti­mura Dalam Rangka Dies Natalis Ke-58 dan Wisuda Sarjana, Profesi Dokter, Program Magister dan  Program Studi di luar kampus periode April tahun 2021 di auditorium Unpatti Rabu (21/4).

Menurutnya, peringatan Dies Na­talis ke 58 tahun menjadi momentum bagi Unpatti untuk membe­nahi dalam upaya meningkatkan pendidikan tinggi di Maluku di kawasan Indonesia Timur.

“Atas nama pemerintah daerah kami mengucapkan terima kasih atas keberhasilan yang sudah di­capai. Selamat kepada para wisu­dawan/wisudawati atas keberha­silannya, semoga ilmu yang diper­oleh dibangkitkan perkuliahan dapat diaktualisasikan dan mem­beri manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara”pungkasnya.

Kegiatan wisuda sarjana itu dilaksanakan menggunakan sis­tem drive thru (turun dari kenda­raan langsung masuk dan kemu­dian kembali lagi) dan berlangsung selama dua hari, mulai 21-22 April 2021. Penerapan sistim drive thru ini lakukan, guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Hari ini 1.715 wisudawan Universitas Pattimura dilantik terdiri darì 1.346 lulusan sarjana, 7 lulusan profesi dokter, 239 lulusan profesi guru, dan 123 lulusan magister pada wisuda Unpatti periode April 2021,” ungkap Rektor Universitas Pattimura M.J Saptenno dalam arahannya Rabu(21/4)di auditorium Unpatti.

Baca Juga: Ngaku Pengungsi Gempa, Sekkot Tinjau 24 KK di Passo

Dijelaskan, Fakultas Hukum sebanyak 120 sarjana, Fakultas lmu Sosial dan Ilmu Politik 140 sarjana, Fakultas Keguruan dan Timu Pendidikan 795 Sarjana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis  176 Sarjana, Fakultas Pertanian 55 Sarjana, Fakultas Perikanan dan Ilimu Kelautan 96 Sarjana,Fakultas teknik  40 orang Sarjana, Fakultas Matematika dan Imu Pengetahuan Alam 79 Sarjana, Fakultas Kedok­teran 15 Sarjana.

Selain itu, untuk program studi di luar kampus utama (PSDKU), PSDKU Kabupaten Kepulauan Aru 52 Sarjana. PSDKU Kabupaten Maluku Barat Daya  24 orang, Pascasarjana 123 Sarjana dan dilakukan secara virtual.

Rektor mengaku, sejjak 2019-2023 merupakan periode yang cukup berat terutama untuk menge­jar berbagai ketertinggalan selama ini baik dari sisi kelembagaan, SDM maupun kualitas dan mengingat amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam mengharapkan kerjasama yang kuat untuk membangun Universitas Pattimura Ambon Lebih baik kedepanya

“Terima kasih kepada ibu bapa para orang tua yang telah memper­cayakan anak-anaknya untuk dididik di Universitas Pattimura, dan kepada wisudawan sebagai lulusan Universitas Pattimura, saya men­doakan keberhasilan saudara-sau­dara di tengah masyarakat bahkan ketika saudara bekerja dan meng­abdi dimana saja agar citra lembaga ini menjadi lebih baik dari waktu ke waktu” pungkasnya. (S-51)