NAMLEA, Siwalimanews –  Iqra Buru menjadi salah satu universitas terbaik Maluku setelah menerima penghargaan sebagai juara umum Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) XII Award tahun 2022.

Penghargaan yang diraih Uniqbu sebagai PTS kategori jumlah dosen terbanyak yang lulus penelitian tahun 2021, sebagai PTS kategori jumlah dosen terbanyak yang lulus pengabdian tahun 2021, dan sebagai PTS kategori jumlah dosen terbanyak yang lulus sertifikasi tahun 2021.

Kepala LLDIKTI Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara, Jantje Eduard Lekatompessy menyerahkan penghargaan ini kepada Rektor Uniqbu Muhammad Sehol, didampingi Ketua Yayasan Muslim Buru Ismiran Wattiheluw saat Raker pimpinan PTS dan pimpinan yayasan di lingkungan LLDIKTI Wilayah XII, di Ambon, Rabu (9/3) kemarin.

Rektor Uniqbu M Sehol dalam rilisnya yang diterima Siwalima Kamis (10/3) menyampaikan syukur atas pencapaian ini.

“Semoga prestasi ini menjadi pelecut semangat bagi semua komponen Uniqbu untuk lebih bersinergi yang solid lagi dalam menggapai prestasi yang lebih baik ke depannya,” ungkap Sehol.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada tim penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dikoordinir oleh Ketua LPPM  Uniqbu Saidna Zulfikar Azwar Bin Tahir, beserta jajarannya yang telah memberikan kontribusi terbaik dengan dua kategori penghargaan terbaik dalam jumlah penelitian dan pengabdian terbanyak untuk semua PT se-Maluku dan Maluku Utara.

Prestasi ini sekaligus mem­-pertegas bahwa, Uniqbu tidak kalah bersaing dengan kampus lainnya, walaupun keberada­annya berada di kabupaten dan baru eksis selama 18 tahun. “Dengan prestasi ini pula, semakin memberikan kepercayaan kepada khalayak untuk menjadikan Uniqbu sebagai kampus bermutu yang mencerdaskan anak bangsa,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Yayasan Muslim Buru, Ismiran Wattiheluw, bahkan ia juga akan  selalu memberikan dukungan dalam pelaksanaan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat di lingkup Uniqbu.

Sementara Kepala Pusat Inovasi dan Kerja Sama Uniqbu, M Ikbal Zakariah mengaku, dalam kegiatan rapat kerja yang dilaksanakan di The Natsepa Resort & Conference Center, Ambon pada 8-9 Maret tersebut, Uniqbu juga telah melakukan penandatangan kerja sama dibidang pendidikan, penelitian,  dan pengabdian kepada masyarakat dengan 9 PTS di wilayah Maluku dan Maluku Utara.

“9 PTS itu yakni, Unidar, UKIM, Universitas Muhammadiyah Maluku, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara,  STIKIP Gotong Royong Masohi, STIA Said Perintah Masohi, STIKIP Hunimua, STIKIP Hatta Sjahrir dan STP Hatta Sjahrir,” urainya. (S-15)