MASOHI, Siwalimanews – Bupati Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua melepaskan 63 orang calon jemaah haji (CJH) ke tanah suci, Rabu (22/6).

Tuasikal yang saat itu diwakili Asisten III Setda Malteng, Bahrum Kalauw mengharapkan agar para jamaah Malteng senantiasa mendoakan kebaikan, baik bagi dirinya, keluarga maupun bagi daerah kabupaten bergelar Pamahanu-Nusa itu, agar senantiasa diberikan keberkahan.

“Harapan saya, para jamaah haji jangan berhenti untuk selalu mendoakan kebaikan, baik bagi diri sendiri serta keluarga, maupun juga bagi masyarakat dan daerah ini,” pinta Tuasikal.

Dikatakan pelaksanaan ibadah haji bagi umat Islam merupakan pemenuhan rukun islam yang kelima, yang diisyaratkan bagi orang yang mampu dan memperoleh panggilan.

“Mampu yang dimaksudkan adalah berupa, kemampuan mental, fisik dan juga kemampuan ekonomi. Sementara memperoleh panggilan, dapat dimaknai sebagai restu atau izin dan hidayah dari Allah SWT,” jelasnya.

Baca Juga: Ambon Dikepung Hujan, BPBD Temukan 18 Titik Bencana

Menurutnya meskipun seseorang telah mampu seperti yang saya sampaikan tadi, namun jika belum memperoleh panggilan, maka orang itu tidak akan pernah bisa sampai menginjakkan kakinya di tanah suci Makkah.

“Untuk itulah, berbahagialah seraya mengucapkan rasa syukur yang tidak ada putus-putusnya bagi bapak ibu sekalian yang telah berada sampai di tahap ini, tahap persiapan keberangkatan menuju Tanah Suci Makkah,” tandasnya.

Bupati mengapresiasi serta memberikan dukungan penuh bagi segenap tamu tamu Allah SWT itu.

“Melalui kesempatan yang berbahagia dan penuh rasa haru di saat izinkan saya atas nama pribadi dan keluarga serta atas nama masyarakat dan pemerintah, mengucapkan selamat jalan kepada seluruh tamu-tamu Allah sekalian,” timpalnya.

Abua menambahkan keberadaan saudara-saudara di tempat pelaksanaan ibadah bukan saja sebagai duta kabupaten, tetapi juga menjadi duta bangsa Indonesia.

“Hendaknya nilai-nilai budaya Indonesia harus selalu dijunjung tinggi serta diimplementasikan di setiap pergaulan jamaah pada saat melaksanakan ibadah maupun berinteraksi dengan jamaah yang berasal dari negara lain,” tandasnya.

Kepala kantor kementerian Agama Masohi, Taslim Tuasikal sebagai pihak pelaksana haji dan umrah menjelaskan seluruh jamaah calon haji yang berangkat saat ini berjumlah 63 orang, yang kemudian akan tergabung dengan kloter 9.

“Jumat 24 Juni jamaah calon haji Malteng yang telah tergabung dengan jamaah calon haji 4 kabupaten kota lainnya akan diterbangkan dari Ambon         menuju Embarkasi Makasar,” jelasnya.

Selanjutnya pada Sabtu 25 Juni para jamaah akan berangkat dengan menuju Jeddah dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia. (S-18)