TIAKUR, Siwalimanews – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Maluku Barat Daya mulai melakukan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara tingkat Kabupaten pada pemilu 2024, untuk mengamankan jalannya rapat pleno terbuka tersebut, personel TNI-Polri dikerahkan untuk mengawal dan mengamankan kegiatan tersebut secara ketat.

Sementara itu sejumlah personel TNI-Polri tengah bersiaga mela­kukan pengawalan dan pengamanan dengan menutup akses beberapa ruas jalan menuju ke lokasi penye­lenggaraan rapat pleno sebagai prioritas utama mencegah dan mengantisipasi timbulnya gangguan kamtibmas yang dapat terjadi sewaktu-waktu selama kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Serba Guna Tiakur, Senin (04/3).

Pada kesempatan ini dilakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara oleh KPU Kabupaten MBD dimana sesuai jadwal akan dilakukan secara bergilir, kali ini akan dilakukan rapat pleno untuk PPK Kecamatan Wetar Timur dan PPK Kecamatan Pulau Romang.

Untuk saat ini sebagian besar Kotak Suara dari PPK sudah masuk ke Kota Tiakur namun ada PPK di beberapa kecamatan yang membawa kotak suara dan dokumen pemilu lainnya dengan menggunakan angkutan motor laut maupun kapal penumpang KM. Sabuk Nusantara 104 sementara berada diperjalanan menuju ke Kota Tiakur untuk meng­ikuti rapat pleno yang diseleng­garakan oleh KPU Kabupaten MBD.

Secara terpisah Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, melalui Kasi Humas Ipda Wempi R. Paunno mengatakan, kegiatan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara tingkat Kabu­paten pada pemilu 2024 yang digelar oleh KPU MBD pada prinsipnya disesuaikan dengan jadwal pen­tahapan pemilu 2024.

Baca Juga: Atasi Inflasi, Ratusan Anakan Cabai Ditanam di Taeno

“Pengamanan ketat oleh personel TNI-Polri sebagai wujud sinergitas yang dibangun bersama untuk memberikan rasa aman dan mengoptimalkan kelancaran rapat pleno dengan berpedoman pada tata tertib kegiatan rapat sehingga rapat pleno berjalan dengan aman dan lancar,” ujarnya dalam rilisnya, Senin (4/3).

Kasi Humas juga menambahkan, Kehadiran personel TNI-Polri yang terkoordinasi dengan baik mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh peserta rapat pleno, langkah-langkah pengamanan yang dilakukan mencakup pengawasan disekitar lokasi guna mencegah terjadinya gangguan keamanan.

“Pimpinan memberikan apresiasi atas soliditas yang diperlihatkan personel TNI-Polri dalam mengawal dan mengamankan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhi­tungan Suara tingkat Kabupaten,  kiranya seluruh rangkaian pelaksanaan rapat pleno oleh KPU MBD dapat berjalan dengan aman dan lancar,” kata Kasi Humas.(S-28)