NAMLEA, Siwalimanews – Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Kodim 1506/Namlea, turut membangun jemuran ikan puri higinies di Desa Siahoni, Keca­matan Namlea, Kabupaten Buru.

Di desa tersebut ikut dibangun jalan beton sepanjang 300 meter. Selain dua kegiatan fisik tersebut, juga diselingi dengan kegiatan penyuluhan kesehatan masyarakat tentang perilaku hidup sehat dan bersih (PHSB).

Dandim 1506/Namlea yang bertindak sebagai Dansatgas TMMD ke-109, Letkol Arh Agus Guwandi,. S.A.P,. M.Tr(Han) menjelaskan, program di kabupaten Buru ini perencanaannya dimulai secara button up dari musyarawah pembangunan desa (musrembangdes) sampai kepada tingkat kabupaten.

Karena itu menanggapi keinginan bupati agar TMMD tahun berikutnya di kabupaten Buru dengan membangun saluran irigasi di sawah yang baru dibangun, dandim menjanjikan segera akan ditindaklanjuti dengan menge­rahkan babinsa di desa-desa.

“Kalau ada saran dari desa-desa nanti akan kita salurkan ke pemerintah daerah supaya tepat sasaran saat dilaksanakan TMMD tahun depan,”ucap Agus Guwandi.

Baca Juga: KPU Bursel: Pleno Penatapan Paslon Dilakukan Tertutup

Menurut Agus Guwandi, kegiatan TMMD ini mengikuti norma yang ada, supaya target yang dituntut selama satu bulan ini tercapai.

Selaku Dansatgas TMMD ke 109 Tahun 2020 Kodim 1506/Namlea, Agus Guwandi yang paling bertanggung jawab atas suksesnya kegiatan itu, turun langsung ke lapangan di Desa Siahoni,  didampingi Danramil 1506-01 Kota Kapten Inf Arfan Wailulu.

Agus Suwandi datangi desa tersebut Rabu (23/9), guna mengecek  sasaran fisik TMMD, berupa pembangunan jemuran ikan puri higinies dan jalan beton sepanjang 300 meter.

Kata Agus Suwandi, selama ini ikan puri yang dikeringkan warga Sianohi hanya diletakan begitu saja di badan jalan umum.

Selain mengganggu lalu lintas jalan, kendaraan yang lewat juga meninggalkan debu sehingga ikan puri kering itu terkesan kurang higinies.

Karena itu, program pemba­ngunan jemuran ikan puri higines ini menjadi program yang tepat sasaran dan sangat berguna bagi masyarakat setempat.

Saat meninjau ke sana, Agus Guwandi menyatakan rasa syukurnya dan memberikan apresiasi kepada masyarakat dan Satgas TMMD yang terlihat sedang bergotong royong dalam melaksanakan kerja bhakti. Masyarakat dan anggota TMMD saling bahu-membahu mengerjakan proyek fisik pembangunan jalan beton..

“Saya bangga dan terima kasih kepada Satgas maupun masyarakat  yang begitu antusias tidak mengenal lelah untuk bekerja pembuatan jalan beton, “Dengan cara ini saya bisa memberi semangat kepada anggota Satgas juga warga masyarakat untuk lebih giat bergotong-royong,’’ tandas Dandim. (S-31)