AMBON, Siwalimanews – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX Ambon kembali memberikan pelatihan dasar bagi mahasiswa.

Kali ini pelatihan dasar yang diberikan oleh tim yakni evakuasi medis laut dan selam dasar kepada mahasiswa Universitas Hein Namotemo Tobelo, Halmahera Utara, yang dipusatkan di Mako Lantamal IX belum lama ini.

Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina mengatakan evakuasi Medis Laut (EML) dan selam dasar merupakan bagian dari pemenuhan kompetensi mahasiswa S1 Keperawatan pada stase bahari di Rumkital dr. FX. Suhardjo Lantamal.

“Materi yang diajarkan seperti pertolongan korban tenggelam perorangan, pertolongan korban tenggelam secara tim, pengelolaan korban di perahu karet, teknik mengapung, resusitasi jantung paru, dan pengenalan selam dasar,” jelas Danlantamal dalam rilis yang diterima Siwalima, Minggu (17/9).

Dirinya menjelaskan kegiatan seperti ini sangat penting mengingat wilayah Maluku merupakan wilayah yang sebagian besar adalah lautan.

Baca Juga: 1.176 Penderita HIV/AIDS di Ambon Tergantung Obat

“Tidak menutup kemungkinan adanya pertolongan pada korban kecelakaan di laut maupun korban tenggelam, sehingga praktik/ma­nuver lapangan ini bisa menjadi bekal ketika nantinya para maha­siswa ditugaskan di pulau-pulau terpencil,” ingatnya.

Pelatihan ini juga menurutnya sekaligus untuk mempersiapkan mahasiswa dalam bentuk penga­laman belajar lapangan secara komprehensif dan menambah wa­wasan mahasiswa dalam penye­lamatan kecelakaan di laut maupun korban tenggelam.

“Pada saat itu perlu adanya evakuasi ke tempat aman,” katanya.

Diharapkan pelatihan yang diberikan oleh tim evakuasi medis laut Rumkital dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX Ambon diharapkan dapat diaktualisasikan untuk me­lahirkan tenaga kesehatan berwa­wasan bahari yang mampu mene­rapkan prinsip-prinsip keselamatan dan penyelamatan di laut.

“Saya harap kedepan bisa me­lahirkan tenaga kesehatan berwa­wasan bahari,” tandasnya. (S-09)