AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku yang baru, Irjen Refdi Andri tiba di Ambon Minggu (22/11), disambut Waka­polda, Brig­jen Jan de Fretes. Pro­ses penjem­pu­tan kapol­da baru ini dalam nuansa kese­derha­naan.

Saat tiba di Ban­dara Interna­sio­nal Pattimura, ka­polda dan rombo­ngan la­ng­sung me­nuju ruang tunggu VVIP Pemprov Ma­luku. Sesampainya di sana, Wakapolda mengalungkan kain tenun khas Kabu­paten Kepulauan Tanimbar ke ka­polda.

Jenderal bintang dua itu menyambut pengalungan kain tenun dengan senyum. Ia begitu gembira disambut hangat Waka­polda dan seluruh pejabat utama Polda Maluku.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Roem Ohoirat mengata­kan, penyambutan kapolda yang baru kali ini tidak seperti biasanya. Kondisi pandemi Covid-19 sehing­ga penyambutan dilakukan dalam suasana kesederhanaan.

“Ini kan situasi dalam masa pandemi, tidak ada  penyambutan-penyambutan dengan melibatkan masyarakat adat Desa Laha dan lain sebagainya. Kita tetap lakukan dalam nuansa kekeluargaan dan internal polri saja,” ujar Ohoirat.

Baca Juga: Tiga Jabatan Kapolsek di Polres Aru Diserahterimakan

Untuk diketahui, Irjen Refdi Andri resmi menjabat sebagai Kapolda Maluku menggantikan Irjen Baharu­din Djafar yang dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri, setelah dilantik oleh Kapolri Jenderal Idham Azis di Rupattam Mabes Polri, Jumat (20/11).

Upacara sertijab Kapolda Ma­luku serta 7 kapolda lainnya ini dila­kukan sesuai mutasi yang tertuang dalam surat telegram Kapolri Nomor ST/3222/XI/KEP/2020 ter­tanggal 16 November 2020 yang ditandatangani oleh AS SDM Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

Walaupun sertijab dilakukan secara tertutup, namun usai upa­cara Kepala Biro Penerangan Mas­yarakat Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono kepada wartawan menjelaskan, Kapolri Jenderal  Idham Azis dalam ama­natnya memerintahkan kapolda yang baru dilantik agar memper­siapkan pengamanan pilkada serentak 2020.

“Pak Kapolri tadi instruksikan kepada semua kapolda yang baru dilantik tadi agar segera per­siapkan personelnya untuk laksa­nakan pengamanan pilkada serentak,” jelas Setiyono.

Selain itu, Kapolri juga memberi pesan perihal netralitas anggota selama penyelenggaraan pilkada. Dimana para kapolda diminta memastikan seluruh personelnya menjaga netralitas selama pilkada.

Kapolri juga menyinggung soal pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021.

“Diharapkan para Kapolda melakukan kegiatan-kegiatan yang menimbulkan empati kepada masyarakat, yang simpatik dengan menggelar operasi, termasuk ke­giatan pelayanan Covid-19, kegia­tan pemberian bantuan kepada masyarakat, bansos, masker, dan hand sanitizer,” paparnya.

Ini susunan Kapolda yang dilantik

Kapolda Bali dari pejabat lama Irjen Petrus R Golose akan men­dapat penugasan ke institusi lain. Penggantinya adalah Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri Irjen Putu Jayan Danu Putra.

Kemudian, Kapolda Maluku Irjen Baharudin Djafar yang dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri diserahkan kepada pejabat baru Koorsahli Kapolri Irjen Refdi Andri.

Sementara, posisi yang diting­galkan Refdi selaku Koorsahli Kapolri akan dijabat oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana. Irjen Nana sedniri digantikan oleh Irjen Fadil yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jatim.

Kemudian Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta menduduki jabatan baru selaku Kapolda Jatim. Posisi Kapol­da Kalsel diisi oleh Irjen Rikwanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Maluku Utara. Pengganti Rikwanto adalah Kakorbinmas Ba­harkam Polri Irjen Risyapudin Nursin. Berikutnya, Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi dimu­tasi menjadi Widyaiswara Kepoli­sian Utama Tk. I Sespim. (S-32)