AMBON, Siwalimanews –  Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Maluku Michael Tasane mengungkapkan upaya merealisasikan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional, Ambon New Port maupun RUU Provinsi Kepulauan, membutuhkan perjuangan bersama seluruh pemangku kepentingan.

“Kemarin kami ketemu dengan anggota DPR dan DPD asal Maluku untuk membahas LIN, Ambon New Port serta RUU Provinsi Kepulauan dan memang perjuangan ini membutuhkan kekompakan dari semua stakeholder,” ujar Tasane kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Selasa (31/1).

Menurut Tasane, untuk merealisasikan semua ini, maka harus ada aksi yang besar dari Pemerintah Provinsi Maluku dan masyarakat agar pemerintah pusat mengetahui keberadaan Maluku yang tidak diuntungkan dari semua kebijakan.

Ia mencontohkan, pembagian hasil perikanan dari pemerintah pusat bagi Maluku yang selama ini tidak adil, padahal Maluku memiliki laut dengan potensi perikanan yang cukup besar, mestinya Maluku mendapatkan pembangian yang lebih besar.

Hal ini, dikarenakan perijinan perikanan menjadi kewenangan pemerintah pusat, akibatnya banyak daerah lain yang ikut beroperasi di perairan Maluku, sedangan tidak ada retribusi yang masuk ke kas daerah sehingga harus diperjuangkan ke pusat.

Baca Juga: Polres Tanimbar Sambangi SMAN 8 Tansel

“Harus ada langkah nyata termasuk demonstrasi dengan mengumpulkan seluruh kepala daerah di 11 kabupaten dan kota beserta anggota DPRD di istana agar ada perhatian dari presiden,” usulnya.

Politisi Partai Golkar Maluku ini optimis, jika semua pihak berjuang bersama tanpa ada kepentingan lain yang terselubung, maka LIN maupun Ambon New Port dan RUU Provinsi Kepulauan dapat direalisasikan.(S-20)