AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kabupaten Buru dan Buru Selatan Michael Tasane minta Balai Pelaksana Jalan Nasional Wilayah Maluku untuk memperhatikan ruas jalan Namlea menuju Namrole yang telah mengalami kerusakan parah.

Ia mengaku, dalam kunjungan reses yang dilakukan beberapa waktu lalu, dirinya melihat langsung kondisi ruas jalan Namlea menuju Namrole sepanjang 127 km dan ternyata pada beberapa segmen jalan telah terjadi kerusakan yang dapat mempengaruhi aktivitas masyarakat.

“Untuk ruas jalan Namlea ke Namrole, itu ada beberapa segmen yang rusak, misalanya di km 42, tepatnya di Desa Lele, Kecamatan Lolong Guba yang tinggal sedikit saja akses jalan terputus,” ungkap Tasane kepada Siwalimanews di ruang kerjanya, Senin (9/1).

Tak hanya itu, kondisi ruas jalan dekat perbatasan Namlea dan Namrole juga telah mengalami kerusakan akibat dari ambruknya talud penahan tanah disepanjang bahu jalan yang berpotensi menghambat akses masyarakat antar kabupaten.

Menurutnya, kondisi yang ada jika tidak ditangani secepatnya oleh BPJN, maka dipastikan ketika terjadi musim penghujan akan membawa material jalan dan berpotensi mengakibatkan jalan putus.

Baca Juga: Ketersedian Internet Jadi Masalah Jelang Pemilu 2024

Apalagi, akses jalan tersebut merupakan jalan utama yang menghubungkan dua kabupaten yang sangat berperan penting dalam aktivitas perekonomian di Buru dan Buru Selatan, sehingga harus menjadi prioritas dari BPJN untuk segera ditangani.

“Kita berharap akses jalan ini segera diperbaiki oleh BPJN karena kalau tidak, maka akan berdampak pada kelangsungan hidup masyarakat, belum lagi akan menimbulkan kecelakaan lalulintas, jadi itu harus jadi prioritas balai,” tegas Tasane.(S-20)