RENCANA pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk merumahkan tenaga honorer pada  bulan November 2023 mendatang belum pasti.

Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Michael Tasane, kepada Siwalima, melalui telepon selulernya, Rabu (14/6) mengungkapkan komisi I telah menanyakan langsung terkait dengan rencana merumahakan tenaga hingga honorer ke Kemenpan-RB.

“Komisi I kemarin, sudah menanyakan langsung ke Kemenpan-RB soal informasi seluruh tenaga honorer di rumah pada November dan disampaikan langsung jika rencana tersebut belum pasti dilakukan di November,” ungkap Tasane.

Kemenpan-RB kata Tasane, masih terus melakukan kajian secara komprehensif terhadap rencana tersebut termasuk dengan mencari formula yang paling menguntungkan baik bagi honorer maupun pemerintah.

Karenanya, Kemenpan-RB memintakan seluruh pemerintah daerah untuk tetap bersabar dalam beberapa waktu kedepan dan jika Kemenpan-RB telah merampungkan kajian maka akan menyurati seluruh kepala daerah.

Baca Juga: Marasabessy Apresiasi Persiapan Eksplorasi Energi Panas Bumi

Belum adanya kepastian dari Kemenpan-RB lanjut Tasane harus menjadi motivasi bagi para tenaga honorer untuk tetap bekerja dengan baik baik, mengingat sebagian besar birokasi di Pemrov maupun Pemda kabupaten/kota dipenuhi tenaga honorer.

“Selama belum ada keputusan dari Kemenpan-RB maka semua tenaga honorer harus tetap bekerja dengan baik, jangan sampai infomasi batas waktu November ini mempengaruhi kinerja,” tegasnya. (S-20)