BUPATI Seram Bagian Timur, Mukti Keliobas mendorong seluruh masyarakat untuk memakai dan mengonsumsi bagi produk- produk lokal di daerah ini.

“Sudah seharusnya kita bangga terhadap produk lokal di negeri kita sendiri. Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur, saya ucapkan selamat datang para tamu undangan dan warga masyarakat, pada pergelaran Festival Gumumae Ekonomi Kreatif dan pemanen UMKM,” ungkap Keliobas, dalam sambutannya, yang dibacakan oleh Asisten III Setda SBT Muh. Safri Rumain, sekaligus membuka kegiatan Festival Gumumae Ekonomi Kreatif dan pemanen UMKM, yang berlangsung di lapangan Pancasila Kota Bula. Minggu (13/8).

Dikatakan,  kegiatan ini diselenggarakan bagian dari rangkaian acara peringatan HUT 17 Agustus Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun.  Selain juga bertujuan sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

“Saya berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi rutinitas dan semoga dapat dinikmati oleh semua masyarakat di bumi yang bertajuk Ita Wotu Nusa,” katanya.

Kata dia, Pemerintah Daerah senantiasa berupaya untuk memberikan ruang- ruang publik bagi pelaku UMKM agar dapat terus berdaya saing yang di kenal oleh masyarakat, dan mudah-mudahan di bawah ke luar daerah menjadi oleh-oleh khas Seram Bagian Timur.

Baca Juga: Walikota Lepas Peserta SBAM FUN RUN 2023

“Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada panitia ekonomi kreatif Seram Bagian Timur Pesiar Foundation yang mana telah bersama-sama Pemerintah menyelenggarakan kegiatan menyongsong HUT Kemerdekaan RI ke- 78 tahun. Semoga keikhlasan dan kontribusinya untuk turut membangun negeri ini mendapatkan  amal yang baik di sisi Allah SWT,” ujarnya.

Sebelumnya, Pembina Pesiar Foundation Agil Rumakat menjelaskan, sebagai pembina sekaligus penggagas acara ini sangat bermimpi, mudah-mudahan acara seperti ini bukan hanya sekedar memamerkan apa yang dimiliki. Dan juga bisa digunakan oleh masyarakat Kabupaten Seram Bagian Timur, dapat menjadi pasar oleh pemerintah daerah.

“SBT mempunyai kearifan dan sumber daya alam yang cukup banyak, ada dua agenda yang tadi kami sampaikan salah satunya kami juga bermimpi mudah-mudahan acara ini tidak sampai disini saja. Tapi seluruh potensi sumber daya alam yang cukup kita miliki, sehingga kita dapat mempromosikan baik di tingkat Propinsi Maluku maupun di tingkat nasional,” kata Rumakat. (S-27)