AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena menghadiri Rapat Kerja Nasional XV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XV yang diselenggarakan di Kota Padang pada 7-10 Agustus lalu.

Rakernas ini sendiri dihadiri oleh puluhan walikota se-Indonesia dan dibuka secara resmi oleh Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan di Ballroom Padang Convention Centre, Hotel Truntum.

Walikota Ambon disela-sela kegiatan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Rakernas Apeksi di Padang.

Apeksi menurutnya memiliki peran strategis dalam melaksanakan berbagai upaya percepatan pem­bangunan.

“Rakernas Apeksi ke XV kali ini menjadi momentum yang sangat baik dalam penguatan koordinasi dan sinergi demi kebangkitan ekonomi bagi seluruh anggotanya,” kata walikota.

Baca Juga: Ratusan Warga Sambut Hangat Tuasikal

Pada konteks itu, walikota mengaku berbagai upaya kerja sama, sinergi dan koordinasi harus karena pandemi Covid-19 yang terjadi lebih dari 2 tahun terakhir, mengharuskan seluruh pemerintah kota dapat bangkit dengan berbagai cara.

“Inovasi, serta sinergitas secara terus menerus dengan berbagai pihak. berbagai upaya kerja sama, sinergi dan koordinasi harus terus dilakukan disamping  pelaksanaan desentralisasi pembangunan dan otonomi daerah memerlukan konsolidasi dan sinergi yang kuat,”  jelas walikota.

Sementara itu dalam sambutan ketika membuka Rakersnas Apeksi Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan menyampaikan beberapa pesan kepada 95 walikota yang hadir.

Dirinya sangat berharap Apeksi dapat membuat Indonesia Go Internasional. Dan para walikota tentu punya peran yang sangat menentukan.

“Saya berharap betul kepada Apek­si, agar kita bisa go interna­sional,” terang Menteri Pedagang­an.

Mendag juga meminta kepada para waliKota agar memiliki peran dalam menjaga stabilitas ketersedia­an bahan pangan.

“Mereka juga harus menjaga kestabilan harga bahan pangan, kemudian saatnya stabilitas politik kita jaga,” jelasnya.

Untuk diketahui selain mengikuti Rakernas, ada sejumlah agenda yang digelar dalam rangkaian Ra­kernas Apeksi yang diawali Welcome Dinner pada hari Minggu malam (7/7).

Para kesempatan itu, waliKota juga dijadwalkan untuk meninjau lokasi penyelenggaraan Indonesia City Expo (ICE) di RTH Imam Bonjol, serta City Tour di sekitar Sungai Lareh.

Agenda pun berlanjut dengan penanaman pohon di areal Agrowi­sata Sungai Lareh hingga menghadiri peresmian tugu APEKSI di dalam areal Kantor Wali Kota Padang, kawasan Air Pacah.

Hadir juga sejumlah pejabat ling­kup Pemkot Ambon yang mendam­pingi Walikota dalam rakernas tersebut penjabat Ketua Tim pengerak PKK Kota Ambon, Lisa Wattimena, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Pieter Saimima, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Mien Tupamahu, Asisten I Ekliopas Silooy, Kepala Inspektorat, Jopie Silanno, Kepala BPKAD, Apris Gaspersz, Kadis kominfo dan Persandian, Joy Rener Adriaansz, Kadis Perindag Sirjohn Slarmanat, Kepala Bappeda-Litbang, Enrico Matitaputty, Kadis DPPKB, J Patty, Kadis LHP Alfredo Hehamahua, Kadispora, Richard Luhukay dan serta Kadis DP3AMD, Meggy Lekatompessy. (S-25)