AMBON, Siwalimanews – Tarung Derajat mengirimkan 1 wakilnya di PON XXI Aceh-Sumut yang akan berlangsung September 2024 mendatang.

Dia adalah Agustina Yufita Jamlean yang berhasil menjadi atlet Tarung Derajat pertama asal Maluku yang akan berlaga di PON XXI.

Untuk diketahui, Pengprov Tarung Derajat Maluku mengirim 3 atlet ke pra PON yakni Rahmat Viky Kelly (61-64 kg), Deny Hatus Wloin­toda (70-75) dan Agustina Yufita Jamlean (58-62).

Ketua Umum Pengprov Tarung Derajat Maluku, Aurega P Latucon­sina saat dikonfirmasi Siwalima Sabtu (21/10) mengaku, terharu de­ngan prestasi yang diraih oleh atletnya.

Pasalnya, ditengah keterbatasan yang dihadapi, namun dengan semangat dan determinasi yang tinggi atlet-atlet Tarung Derajat Maluku berhasil meraih tiket PON XXI.

“Ini adalah bukti nyata dari ketekunan dan latihan yang panjang serta sungguh-sungguh dilakukan oleh para atlet dan pengurus Pengprov Tarung Derajat Maluku,” jelasnya.

Selain itu juga menjadi momen membanggakan bagi Tarung Derajat Maluku, karena baru kali ini dapat berpartisipasi.

“Meski kami hanya mengirimkan tiga atlet terbaik, karena keterbatasan anggaran, alhamdulillah, salah satu dari mereka berhasil melaju ke PON 2024,” ungkap.

Ia juga berharap selain Agustina Yufitha Jamlean yang telah lolos ada kemungkinan juga atlet tarung derajat lainya bisa dapat lolos ke PON dengan mengambil wild card.

“Saya berharap Teuh Fitha yang lolos ke PON Aceh tahun 2024 terus berlatih sehingga dapat membawa pulang medali emas untuk membanggakan Maluku, dan juga untuk kemajuan Tarung Derajat di bumi raja-raja,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Pengprov Tarung Derajat Maluku Jaqueline Margareth Sahetapy mengaku bangga dengan apa yang diraih oleh atlet putri asal Maluku

“Selamat kepada Agustina Yufitha Jamlean dan teman-teman yang telah bekerja keras di pra PON dan berhasil meraih tiket ke PON XXI,” ucap Sahetapy.

Sahetapy juga memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Ketua Umum Tarung Derajat Maluku serta calon anggota DPR Bung Michael Wattimena, serta warga Maluku di Kota Bandung yang mendukung penuh ketiga atlet selama pra PON di Bandung.

“Saya berharap semangat para atlet ini tetap dijaga, sehingga mereka dapat membawa pulang medali ke Maluku dan ini menunjukan kebanggan bagi Tarung Derajat Maluku,” tandasnya. (S-06)