AMBON, Siwalimanews – Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku untuk pengamanan pemilu, polda maluku mengerahkan anjing pelacak, Minggu (22/10)

Sejumlah lokasi yang disasar dalam operasi ini yakni kawasan yang dianggap rawan termasuk gedung dan kantor pemerintah.

Kepala Satgas Preemtif OMB Salawaku Polda Maluku, Kombes Deni Abrahams dalam arahannya meminta para personel selalu mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Meskipun di hari libur, satgas preemtif maupun preventif tetap menjalankan tugas OMB seperti biasa. Kita tidak mengenal waktu libur memberikan rasa aman kepada masyarakat,” kata Deni dalam arahannya saat mengambil apel di halaman Mapolda Maluku.

Para personel satgas juga diharapkan menjalankan tugas sesuai tanggung jawab, termasuk memberikan himbauan kamtibmas.

Baca Juga: Pemda Dukung Kerjasama RS Siloam, UI dan RSCM

“Selain melaksanakan patroli, rekan-rekan juga diharapkan dapat menyapa masyarakat untuk membe­rikan pesan kamtibmas menjelang Pemilu. Agar pesta demokrasi nanti bisa berjalan aman, damai dan lancar,” pintanya.

Untuk diketahui, satgas preventif yang tergabung dari Satuan Pam Obvit dan Samapta K-9 Polda Maluku.

Patroli di sejumlah obyek vital penyelenggaraan Pemilu seperti Kantor KPU, Bawaslu Maluku, termasuk kantor DPRD Maluku.

Bahkan, dalam operasi tersebut, tim K-9 juga ikut mengerahkan anjing pelacak. “Anjing pelacak dikerahkan untuk mendeteksi hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi seperti adanya bahan peledak dan benda berbahaya lainnya,” jelasnya. (S-10)