AMBON, Siwalimanews – Pertandingan di grup F pada matchday ketiga akan mempertemukan Kroasia vs Belgia, Jumat (2/12) pukul 00.00 WIT.

Keduanya akan bertemu di Sta­dion Ahmed bin Ali, Qatar dipasti­kan akan berjalan seru, sebab laga ini sebagai penentu lolos tidaknya kedua tim ini ke babak 16 besar.

Pasalnya, pada grup F ini, dua tiket menuju babak 16 besar, masih diperebutkan oleh tiga tim, yakni Kroasia, Maroko, dan Belgia. Se­mentara Kanada sudah tersisih.

Kroasia berada di peringkat pertama klasemen grup F dengan 4 poin, sedangkan Maroko di posisi kedua juga dengan 4 poin, sementara Belgia, di peringkat ketiga dengan 3 poin.

Pada pertandingan ini, Kroasia hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke babak 16 besar. Namun dipastikan Luka Modric cs tetap menargetkan kemenangan dalam laga tersebut.

Baca Juga: DPRD Desak Gubernur Umumkan UMP 2023

Sementara Belgia wajib harus meraih kemenangan untuk lolos, sebab, tambahan tiga poin akan mengamankan tim itu merebut tiket ke babak selanjutnya.

Kroasia dalam laga ini dipastikan akan menunjukkan pentingnya mentalitas dalam pertandingan sepakbola, hal itu juga sudah ditunjukan para pemain Kroasia pada laga kedua saat menghadapi Kanada, dimana mereka comeback secara dramatis, dimana mereka sempat tertinggal 0-1 dari Kanada lewat gol yang dicetak oleh Al­phonso Davies.

Tapi, tim Vatrani julukan Kroasia justru mampu membalikan keadaan dan mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 4-1, lewat gol-gol yang diciptakan oleh Andrej Kramaric (36’, 70’), Marko Livaja (44’) dan Lovro Majer (90+4).

Sementara Belgia justru berban­ding terbalik, lantaran mereka dikalahkan Maroko dengan skor 0-2. Ini menandakan  Bintang Belgia, kurangnya mentalitas dari Kevin De Bruyne dan kawan-kawan membuat pertandingan puncak penyisihan grup F ini diprediksi Belagia akan sangat berat melewatinya.

Kroasia sendiri dalam pertanding­an mengahdapi Belgia dipastikan selain mengandalkan Luka Modiric dan ivan Perisic, dipastikan juga masih mengandalkan bintang keme­nangan Kroasia saat melawan Kanada.

Menariknya, dari dua pertanding­an sejauh ini, Kramaric merupakan pemain yang paling banyak mela­kukan tembakan. Oleh karena itu, meski sudah berusia 31 tahun ia tetap menjadi penyerang berba­haya.

Sementara Belgia tetap akan mengandalkan Leander Dendoncker di lini belakang sementara Kevin De Bruyne di lini tengah dan Lukaku serta Michy Batshuayi di lini serang.

Laga Seru

Pertandingan kedua tim ini juga diprediksi oleh Ketua Asprov PSSI Maluku Sofyan Lestaluhu akan seru, namun dimenangkan oleh Kroasia dengan skor akhir 3-1.

Prediksi kemenangan Kroasia ini menurut Lestaluhu, dikarenakan Kroasia memaliki mentalitas yang tinggi dalam setiap pertandingan, sehingga dipastikan Luka Modric dan kawan-kawan akan memberikan per­lawanan yang sengit kepada Belgia.

“Kita tahu bahwa pada matchday kedua Kroasia bisa comeback saat menumbangkan kanada, dimana pada pertandingan itu Kroasia sempat tertinggal 1-0 dari kanada, namun mereka bisa mengembalikan keadaan dengan menumbangkan Kanada dengan skor 4-1,” ucap Lestaluhu.

Untuk itu Lestaluhu yakin, Luka Modric sebagai leader dalam tim ini akan membawa rekan-rekannya dalam pertandingan melawan belgia nanti dengan kepala yang terangkat.

Sementara disisi lain bintang Belgia sekaligus Manchester City Kevin De Bruyne mengeluarkan komentar yang kontrofersi, bahwa generasi emas mereka itu sudah ber­akhir, sehingga dipastikan dnegan komentar ini mentalitas pemain Belgia akan terganggu untuk meng­hadapi pertandingan melawan Kroasia.

Prediksi yang sama juga disam­paikan wartawan olahraga senior Maluku Rony Samloy, bahwa pertandingan ini akan dimenangkan oleh Kroasia, namun dnegan skor tipis 1-0. Walaupun demikian per­tandingan ini akan berjalan sengit.

“Luka Modric cs memiliki peluang kemenangan 38,5 persen. Angka ini tak jauh berbeda dengan persen­tase kemenangan Thibaut Courtois cs, yakni 37,2 persen. Namun Kroasia yang datang dengan mentalitas tinggi sebagai runer up Piala dunia 2018 di Rusia masih di huni para pemain lama seperti Luka Modric, Ivan Rakitic, Ivan Prisic dan lainnya,” ungkap Samloy.

Timnas Belgia kata Samloy, memang masih bagus hanya saja, banyak pemain yang kini berada di usia tak lagi muda, dan mereka juga punya start buruk di piala dunia kali ini.

“Memang ada nama besar seperti Eden Hasard, Lukaku dan bahkan kiper terbaik Liga Champions 2021-2022 yakni Tibaut Courtois, namun bagi saya pertandingan kedua tim akan dimenangkan oleh Kroasia,” ungkap Samloy.

Berdasarkan catatan head to head, kedua tim sudah pernah berhadapan sebanyak 6 kali. Dari total itu, Kroasia mengamas 2 kemenangan, Belgia tiga kemenangan dan 1 kali hasil imbang. Namun kembali lagi, Kroasia bermodalkan runer up Piala Dunia 2018 lalu dipastikan akan menumbangkan Belgia yang juga menempati peringkat ke tiga pada perhelatan piala dunia 2018 di Rusia.

Berikut prediksi susunan para pemain yang akan diturunkan Kroasia dengan formasi 4-3-3 pelatih Zlatko Dalic akan menurunkan para pemain, Dominik Livakovic, Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic, Luka Modric, Ivan Perisic, Nikola Vlasic, Andrej Kramaric.

Sementara Belgia dnegan pelatih Roberto Martines akan memakai formasi 3-4-2-1 dengan menurunkan para pemain, Thibaut Courtois, Leander Dendoncker, Toby Alder­weireld, Jan Vertonghen, Thomas Meunier, Yannick Carrasco, Axel Witsel, Youri Tielemans, Kevin De Bruyne, Eden Hazard, Michy Batshuayi.(S-06/S-25/S-26)