AMBON, Siwalimanews – Sejumlah ruas jalan di Kota Ambon sering terjadi kemacetan, namun tidak ada satupun pos penjagaan milik Dinas Perhubungan Kota Ambon.

Padahal salah satu tugas dari Dinas Perhubungan Kota Ambon adalah mengatur arus lalu lintas dan mengurai kemacetan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon Robby Sapulette mengaku pembangunan pos jaga belum dianggarkan di tahun 2022.

“Kalau memang saya usulkan belum bisa ditampung, yang kita tunggu lagi apakah ada program APBD perubahan selanjutnya,” ungkapnya kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (20/1).

Menurutnya sampai dengan saat ini dinas telah melakukan pengusulan akan tetapi belum digubris secara baik oleh pimpinan karena keuangan belum stabil.

Baca Juga: Uskup Mandagi Minta Polri Dukung Pelantikan 

“Yang namanya kebutuhan real dinas itu tetap kita ajukan. Saya mau bangun yang penting kemampuan keuangan daerah,” jelasnya.

Disinggung terkait dengan berapa titik yang perlu di bangun pos ia mengaku adalah kawasan tertib lalu lintas (KTL) yang berada di sejumlah lokasi.

“Kita butuh untuk pengawasan KTL sendiri, di simpang Al-Fatah, AY Patty. Belum lagi dengan pos-pos pengamanan arus lalu lintas teristimewa bagi angkutan umum seperti di bawah JMP dan di tugu Leimena,” bebernya.

Dirinya mengungkapkan, pengadaan pos merupakan kebutuhan.

“Kalau saat ini tidak ada kita akan terus kawal. Sebab, ini merupakan kebutuhan,” pungkasnya. (S-52)