AMBON, Siwalimanews – Jumlah kasus terkonfirmasi positif Virus Corona di Maluku terus naik.

Hingga Senin 15 Juni, pukul 15.00 WIT terjadi penambahan 31 kasus positif. Penambahan itu dari Kota Ambon sebanyak 28 dan 3 kasus lagi dari Kabupaten Maluku Tengah.

“Jadi kita hari ini tambah 31 kasus terkonfirmasi yang disumbangkan dari Kota Ambon sebanyak 28 kasus dan Kabupaten Maluku Tengah 3 kasus terkonfirmasi,” kata Karo Humas dan Protokol Setda Maluku, Melky Lohy dalam rilisnya yang diterima Siwalima, tadi malam.

Penambahan 28 kasus itu menjadikan Kota Ambon sebagai daerah yang paling tinggi terpapar Virus Corona.

“Sebelumnya Kota Ambon 225 kasus terkonfirmasi. Dengan bertambahnya 28 kasus maka jumlah kasus yang terpapar virus corona sebanyak 253 kasus,” terang Lohy.

Baca Juga: Kontak Pasien Covid-19 Buru Tolak Ditracking

Sementara Kabupaten Maluku Tengah di posisi kedua, dengan 42 kasus positif.  “Jumlah kasus terpapar di Kabupaten Maluku Tengah tambah 3 kasus jadi 42 kasus,” jelas Lohy.

Dengan penambahan 31 kasus, maka jumlah kasus positif di Maluku sebanyak 452 kasus, 109 orang sembuh dan 11 orang meninggal dunia.

“Sebelumnya jumlah kasus terkonfirmasi di Maluku sebanyak 421, dengan penambahan 31 kasus maka jumlahnya sekarang menjadi 452 kasus,” ujar Lohy.

OPD dan PDP Tetap

Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) di Maluku tidak mengalami perubahan dari hari sebelumnya.

Lohy menjelaskan jumlah ODP di Maluku sampai dengan Senin 15 Juni  sebanyak 55 orang terdiri dari Kota Ambon 41 orang, Kabupaten Maluku Tengah 11 orang, Kabupaten SBB 1 orang dan Kabupaten SBT 2 orang.

Sementara jumlah PDP di Maluku sebanyak 28 orang, dimana Kota Ambon 25 orang dan Kabupaten Maluku Tengah 3 orang.

Gugus Tugas Maluku juga menjelaskan, beberapa rumah sakit dan tempat karantina dengan jumlah pasien yang sementara dirawat.

RSUD dr M. Haulussy dengan pasien sebanyak  47 orang, terdiri dari 7 ODP, 7 PDP, dan 33 kasus terkonfirmasi positif . Di Rumkit Tingkat II dr. J. A. Latumeten merawat 17 orang terdiri dari 6 PDP dan 11 kasus terkonfirmasi positif. RSAL dr. F. X. Suhardjo merawat 11 orang terdiri dari 3 PDP dan 8 kasus terkonfirmasi positif. BPSDM Maluku, 39 orang terkonfirmasi positif.

Selanjutnya di Rumah Sakit Bhayangkara 8 orang terdiri dari 1 ODP, 1 PDP, dan 6 kasus terkonfirmasi positif. Di LPMP Maluku 41 pasien terkonfirmasi positif, RSUP dr. Johanes Leimena 6 pasien terkonfirmasi positif,  RSUD dr. H. Ishak Umarella 24 pasien terkonfirmasi positif, dan Balai Diklat Perikanan dengan 17 pasien terkonfirmasi positif. (S-39)