AMBON, Siwalimanews – Menjelang penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada November 2021 mendatang, seluruh atlet diren­canakan akan kembali melakukan latihan secara terpusat oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia Maluku.

Ketua KONI Provinsi Maluku, Toni Pariela kepada wartawan, Rabu, (16/12) mengatakan saat ini proses latihan para atlet masih dilakukan secara mandiri, namun di tahun 2021 mendatang jika kondisi pandemi Covid-19 telah menurun maka semua atlit akan dipanggil kembali.

“Tahun depan kalau situasi penyebaran Covid-19 semakin menurun kita akan memanggil kembali para atlet  untuk melakukan pemusatan latihan secara lebih intensif lagi,” ungkap Pariela.

Menurutnya, untuk memastikan kesiapan para atlet maka proses latihan harus diilakukan disejumlah venue sehingga apa  yang dipersiapkan oleh KONI Maluku menjadi terukur.

Pariela menegaskan, KONI terus melakukan koordinasi yang intensif dengan pemerintah daerah terutama Dinas Pemuda dan Olahraga sehingga bersama-sama bersinergi memastikan seluruh persiapan dalam latihan secara mandiri dapat berlangsung dengan baik.

Terkait dengan target pencapaian prestasi olahraga, Pariela menjelaskan untuk PON nanti, KONI telah menargetkan 8 medali emas dari sebelumnya hanya 7 medali yang didapatkan.

Delapan medali tersebut diharapkan berasal dari cabang olahraga tinju, dayung, atletik yang selalu menyumbang medali tak terkecuali cabang olahraga muaythai dan wushu juga diharapkan bernasib baik dengan memberikan sumbangan medali. “Jadi kita harapkan dari PON 2016 kemarin kita sudah cukup baik dalam perolehan medali dari tiga menjadi tujuh emas dan mudah-mudahan bertambah, karena targetnya 8 emas artinya ada tambahan satu medali yang paling moderat,” bebernya.

Selain itu, KONI Maluku juga mengharapkan semua atlet untuk berlatih lebih keras, agar kejadian yang menimpa atlet Maluku di PON Jawa Barat 2016 lalu tidak terjadi, sebab pada saat itu jika tidak dicurangi, Maluku mungkin mendapatkan lebih dari 10 medali. “Mudah-mudahan kali ini kita bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi,” tandasnya. (S-50)